BENPARK - Ikan ini sudah sangat terkenal di Indonesia. Ya, dia dikenal sebagai Barramundi. Ikan ini sering juga dikenal dengan sebutan ikan kakap putih.


Ya memang, ikan Barramundi memiliki banyak sekali alias. Berbagai jenis ikan mulai dari kakap putih, Asian Seabass, Australian Seabass, hingga Pla Kapong.


Jika kita mengklasifikasikannya berdasarkan hubungannya dengan permukaan air, ke mana kita bisa mengategorikan Barramundi. Apakah itu kategori atas, tengah, atau bawah? Barramundi diklasifikasikan sebagai ikan tipe tengah (Middle Range).

Barramundi

Barramundi, sebagai ikan hias tipe tengah (Middle Range), memiliki manfaat besar dalam membersihkan sisa makanan yang berada di posisi yang tanggung (bukan di bawah maupun di atas tapi ditengah-tengah).


Ada juga manfaat lainnya yaitu untuk menambah keramaian dan keceriaan dalam akuarium. Hal ini akan membuat seluruh area akuarium terlihat lebih hidup dan ramai, sehingga tidak terkesan sepi di tengah-tengahnya.


Klasifikasi Ilmiah


Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Perciformes
Famili : Latidae
Genus : Lates
Spesies : L. calcarifer
Nama Latin/Ilmiah : Lates calcarifer


Bentuk Fisik

Barramundi

Ikan ini memiliki penampilan fisik yang cukup cantik. Bentuk tubuh yang panjang dari Barramundi, yang juga dilengkapi dengan mulut yang besar dan sedikit miring beserta rahang atasnya yang membentang ke belakang mata, pasti akan menarik perhatian para penggemar ikan.


Selain itu, bahagian siripnya pada belakang juga sangat istimewa. Bagian depannya memiliki bentuk yang lebih tajam dan lancip, sementara bagian belakangnya lebih tumpul dan sedikit bulat.


Dalam hal ukuran, ikan kakap putih dapat tumbuh hingga 1,2 meter panjangnya dan memiliki berat sekitar 60 kilogram. Meskipun ada penemuan yang memiliki panjang mencapai 1,8 meter, tetapi hal itu sangat jarang terjadi.


Penyebaran wilayah


Barramundi memiliki distribusi geografis yang luas. Ikan kakap putih ini menyebar luas di seluruh wilayah Asia dan benua Australia.


Runtutannya dimulai dari bagian timur, tepatnya dari Teluk Persia di India, Thailand, China, Jepang, dan berlanjut ke bagian selatan, termasuk Indonesia dan Australia.


Makanan

Barramundi

Sebenarnya tidak perlu diuraikan secara rinci tentang makanan yang dikonsumsi oleh Barramundi. Berdasarkan penampilan fisiknya yang menarik, dapat disimpulkan bahwa Barramundi adalah pemangsa yang sangat terampil.


Ikan dan udang merupakan makanan yang sering dikonsumsinya setiap hari.


Metode berburu Barramundi juga pantas diapresiasi. Dengan kecepatannya dalam berenang, Barramundi dapat dengan mudah menaklukkan mangsa yang lincah dan gesit saat berusaha menghindari serangan.


Saat mangsa sudah berada di depannya, Barramundi dengan cepat membuka mulutnya untuk menyerang. Seiring dengan membuka mulutnya, dalam sekejap Barramundi menarik mangsanya masuk dengan bantuan arus air. Sungguhlah pintar sekali.


Tidak cuma udang dan ikan, ketika kamu merawat ikan ini, kamu juga bisa memberikan makanan yang beragam. Sebagai contoh, seperti ulat, cacing beku, jangkrik, bahkan katak.


Habitat & Karakteristik

Barramundi

Barramundi dapat hidup di banyak jenis lingkungan. Dari aliran sungai dan danau air tawar, hingga perairan asin payau dan laut.


Biasanya Barramundi sangat menyukai tempat persembunyian di antara kayu-kayu atau batu-batu. Disarankan untuk memberikan tempat persembunyian jika kamu ingin menjaga ikan kakap putih dengan baik. Tidak masalah jika tidak digunakan, tidak begitu penting juga. Tidak akan terlalu memengaruhi secara signifikan.


Temperamen

Barramundi

Sebenarnya Barramundi ini ikan yang cukup tenang juga. Perlu diingat bahwa mulut ikan Barramundi sangat lebar, sehingga ikan ini mungkin menganggap siapapun yang cukup kecil untuk masuk ke dalam mulutnya sebagai mangsa.


Kamu dapat mencampur berbagai jenis ikan mulai dari Arwana, Datnioides, Palmas, hingga Cichla. Apapun sebenarnya tidak menjadi masalah, selama ukurannya masih melebihi dari mulut si Barramundi.


Catatan khusus


Saat ini, tidak ada data spesifik tentang jumlah populasi beberapa sumber, termasuk Wikipedia, karena International Union for Conservation of Nature (IUCN) belum mengevaluasi Barramundi atau kakap putih.