BENPARK - Mungkin kamu telah mendengar tentang Common Snapping Turtle? Kura-kura ini telah ada sejak zaman dinosaurus dan merupakan salah satu reptil purba. Kali ini, BENPARK akan memberikan informasi lengkap mengenai Common Snapping Turtle.


Common Snapping Turtle adalah reptil air tawar yang sangat unik. Banyak penggemar kura-kura memutuskan untuk menjadikan kura-kura sebagai binatang peliharaan karena alasan-alasan tersebut. Selain tampilannya yang unik, kura-kura ini juga memiliki sifat yang bersifat agresif.

Common Snapping Turtle

Ketika kura-kura ini merasa lapar, cukup dekatkan jari-jarimu sedikit saja, dan Common Snapping Turtle akan segera mengejarmu dengan cepatnya. Deskripsi yang akurat dari Common Snapping Turtle mungkin adalah sifatnya yang agresif dan penuh nafsu.


Klasifikasi Ilmiah


Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Subfilum: Vertebrata
Kelas: Reptilia
Ordo: Testudines
Famili: Chelydridae
Genus: Chelydra
Spesies: C. serpentina
Nama Latin/Ilmiah: Chelydra serpentina


Bentuk Fisik


Meskipun secara fisik Common Snapping Turtle menyerupai kura-kura biasa, sebenarnya mudah untuk mengenali mereka. Kerangka atau tempurung, cangkangnya memiliki warna yang gelap coklat dan hitam. Sama halnya dengan temannya, Alligator Snapping Turtle, kura-kura ini juga memiliki tiga "scute dorsal" walaupun ukurannya tidak sebesar Alligator Snapping Turtle.


Kemudian, kaki-kaki dari Common Snapping Turtle hampir mencapai bagian lehernya. Bagian bawah leher Common Snapping Turtle memiliki lipatan kulit yang bisa meregang saat hewan tersebut bergerak atau mencoba mencapai sesuatu. Bentuk fisik lainnya dari Common Snapping Turtle adalah ekornya yang bergerigi. Setelah itu, ekornya memiliki gigi-gigi yang tajam.


Ya, benar, kura-kura Alligator dapat tumbuh hingga 50cm dan berbobot maksimal 16 kg. Fisik kura-kura Common Snapping memiliki kemiripan prasejarah dengan kura-kura Alligator Snapping, temannya.


Penyebaran wilayah


Kura-kura Common Snapping Turtle dapat ditemukan di banyak daerah mulai dari S. Alberta, Northern & Southern Nova Scotia, Gulf of Mexico to Central Texas.


Makanan


Common Snapping Turtle merupakan pemakan yang sangat ganas karena mampu memakan berbagai jenis makanan mulai dari ikan kecil, ikan besar, hewan amfibi, hewan tanpa tulang belakang, kerang-kerangan, mamalia, tumbuhan air, hingga bangkai. Warga setempat di lingkungan aslinya merasa sangat terganggu oleh jenis hewan asing ini karena sering kali memangsa ikan kecil yang dibiakkan oleh penduduk.


Tidak seperti anggota keluarganya, Alligator Snapping Turtle menggunakan lidahnya yang menyerupai cacing saat berburu. Daripada berpura-pura, penting untuk kamu ketahui bahwa kura-kura ini memangsa secara terang-terangan dan mengejarnya secara langsung.


Sangat mudah untuk memberi makan kura-kura ini ketika kamu merawatnya. Sebagai hewan omnivora, Common Snapping memiliki selera makan yang luas dan akan mengonsumsi berbagai jenis makanan seperti ikan kecil, udang, cacing beku, ulat, daging, biji-bijian, dan bahkan sayuran.


Habitat & Karakteristik


Kura-kura Chelydra serpentina ini hidup di perairan asin dan air tawar. Habitat yang disukai oleh Common Snapping terdiri dari perairan dengan tanaman air yang melimpah dan dasar lumpur yang memudahkan kura-kura ini dalam mencari mangsanya yaitu ikan kecil. Di habitat alaminya, Common Snapping seringkali hidup secara soliter.


Temperamen


Sifat dari Common Snapping Turtle sangatlah ganas, baik itu terhadap kura-kura lain yang berada di dalam akuarium maupun manusia terutama anak-anak. Terlebih lagi jika kamu memasangkan Common Snapping dengan ikan, maka dalam waktu singkat ikan tersebut akan menjadi makanan bagi Common Snapping.


Seperti juga manusia pada umumnya, terutama orang dewasa bahkan anak-anak. Lebih baik untuk tidak mengundang Common Snapping Turtle untuk bermain, terutama bagi anak-anak kamu yang suka berinteraksi dengan binatang. Kura-kura ini dapat menyebabkan gigitan yang menyakitkan dan berpotensi melukai seseorang ketika merasa terancam. Kemungkinan kura-kura ini lebih sesuai untuk dipelihara sebagai hewan peliharaan yang hanya untuk ditonton dan dirawat, bukan untuk dimainkan bersama.


Disarankan untuk memelihara kura-kura ini tanpa memiliki ikan lain di akuariumnya. Ini mengurangi jumlah orang yang terluka oleh serangan dari Kura-kura Snapping Umum yang sangat agresif.


Catatan khusus


Menurut informasi dari Wikipedia, Common Snapping Turtle terdaftar dalam kategori "Least Concern" dalam daftar merah IUCN. Artinya, kura-kura ini memiliki kemungkinan kecil untuk punah. Namun, tetap diperlukan usaha untuk mempertahankan populasi kura-kura purba agar tetap lestari. Kamu memiliki kemungkinan untuk mendirikan penangkaran yang didedikasikan untuk Common Snapping Turtle.