BENPARK - Di dalam perairan yang tenang dan luas, ada seekor Fitzroy River Turtle yang menjalani hidupnya. Mungkin kamu belum familiar dengan spesies kura-kura ini. Baiklah, mari kita perkenalkan terlebih dahulu. Ia dikenal sebagai Fitzroy River Turtle, spesies kura-kura yang hidup di habitat air tawar.


Mungkin judul artikel ini telah membuat kamu terkejut. iyakan? kamu pasti sedang berpikir "Apakah benar ada kura-kura yang bisa bernafas melalui pantat?".

Fitzroy River Turtle Si Kura-Kura yang Bernafas Menggunakan Pantat

Ternyata fakta tersebut memang ada. Keistimewaan dari Fitzroy River Turtle adalah salah satu ciri khasnya. Semakin ingin tahu dengan kura-kura ini. Tanpa banyak cakap, ayo ikuti ulasan selengkapnya:


Klasifikasi Ilmiah


Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Reptilia
Ordo : Testudines
Famili : Chelidae
Subfamili : Chelodininae
Genus : Rheodytes
Spesies : R. leukops
Nama Latin/Ilmiah : Rheodytes leukops


Bentuk Fisik

Fitzroy River Turtle Si Kura-Kura yang Bernafas Menggunakan Pantat

Berbicara bentuk fisik, Fitzroy River Turtle memiliki tubuh dengan warna coklat tua. Panjang kerapasnya bisa mencapai sekitar 26 cm.


Menjelaskan secara rinci tentang bagian fisik sepertinya agak sulit untuk dilakukan dengan kata-kata. Kamu dapat melihat gambarnya sendiri. Perhatikanlah bagian luarnya, leher dan bentuk kaki yang dimulai dari kerapannya. Karena ketiga ciri tersebut memang menjadi karakteristik khas dari Fitzroy River Turtle.


Tahukah kamu bahwa Fitzroy River Turtle memperoleh sebagian besar oksigen mereka, yaitu hingga 70%, melalui anus mereka. Iya, benar, melalui anus. Sungguh istimewa, bukan?


Mendapatkan oksigen melalui anusnya dikenal sebagai respirasi kloaka. Karena kemampuannya yang unik, Fitzroy River Turtle dapat bertahan di dalam air selama 3 minggu. Hal ini berkat kemampuannya yang luar biasa. Tiga minggu Ya, pikirkanlah, seekor kura-kura biasanya naik ke permukaan air setiap beberapa menit untuk mengambil napas.


Penyebaran wilayah


Fitzroy River Turtle adalah jenis kura-kura yang hanya ditemukan di Sungai Fitzroy, di bagian timur laut Queensland, Australia. Jadi dapat dikatakan bahwa penyebaran wilayahnya sangatlah terbatas.


Makanan

Fitzroy River Turtle Si Kura-Kura yang Bernafas Menggunakan Pantat

Fitzroy River Turtle sangat menyukai untuk mengonsumsi serangga yang hidup di darat maupun di dalam air, cacing, krustasea atau udang, spons air tawar, ganggang, siput air, dan juga tanaman air seperti Gulma Pita.


Habitat & Karakteristik

Fitzroy River Turtle Si Kura-Kura yang Bernafas Menggunakan Pantat

Fitzroy River Turtle sangat suka air yang mengalir cepat dan deras. Seringkali mereka berenang dekat tempat di mana mereka meletakkan telur mereka, yang biasanya berada di dekat sarang pasir.


Mereka sering ditemui dalam keadaan tenang dan terhalang oleh dedaunan tanaman yang menjuntai di sepanjang tepian. Dari hal ini dapat disimpulkan bahwa kura-kura ini memiliki sifat yang lebih condong untuk tidak aktif.


Temperamen


Temperamen dari Fitzroy River Turtle masih belum dapat diketahui dengan pasti. Karena sedikit orang yang merawat kura-kura ini (tentu saja, karena kura-kura ini dilindungi dan telah diawetkan oleh pihak lokal).


Adapun jika melihat cara dia bertindak ketika tertangkap sedang melakukan kegiatan. Boleh dikatakan bahwa dia memiliki tingkat temperamen yang cukup tinggi. Apabila tidak berwaspada, kamu mungkin akan terkena gigitan yang cukup berbahaya.


Catatan khusus


Menurut informasi yang dikutip dari IUCN Red List, Fitzroy River Turtle masuk dalam kategori "Vulnurable" yang berarti rentan. Artinya, populasi penyu sungai Fitzroy di habitat alaminya masih dalam kondisi rentan.