BENPARK - Hoplo Catfish merupakan varietas ikan lele dan ikan pemangsa yang belakangan ini semakin diminati oleh para penggemar ikan di Indonesia.


Hoplo Catfish juga dikenal dengan sebutan lain seperti Spotted Hoplo Catfish, Spotted Hoplo, dan Black marble Hoplo. Jadi jangan terlalu heran jika ada istilah seperti itu disebutkan.

Hoplo Catfish

Hoplo Catfish merupakan salah satu jenis ikan yang hidup di dasar perairan. Ikan ini termasuk dalam keluarga ikan lele dengan Ordo Siluriformes dan cenderung lebih sering ditemukan di bagian bawah perairan.


Sebagai ikan pemakan sisa makanan di dasar (Bottom Cleaner), Hoplo Catfish sangat efektif untuk membersihkan bagian bawah tangki kamu. Hoplo Catfish akan mengkonsumsi sisa-sisa makanan sehingga tidak ada makanan yang membusuk (yang dapat merusak kualitas air di dalam akuarium/tangki).


Klasifikasi Ilmiah


Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Siluriformes
Famili : Callichthyidae
Genus : Megalechis
Spesies : M. thoracata
Nama Latin/Ilmiah : Megalechis thoracata


Bentuk Fisik

Hoplo Catfish

Hoplo Catfish adalah salah satu jenis ikan lele yang memiliki penampilan yang sangat menggemaskan. Perhatikanlah betapa kecilnya bodinya dan adanya kumis di sekitar bibirnya.


Selain itu, ada bintik-bintik hitam di bagian tubuhnya yang berwarna coklat. Dan hal menariknya adalah terdapat lapisan yang membentuk garis-garis vertikal yang melintasi seluruh tubuhnya. Bila diamati, pola-pola tersebut mirip dengan perlindungan seperti baju besi yang melindungi Hoplo Catfish.


Tadi sudah dijelaskan bahwa Hoplo Catfish merupakan ikan kecil. Kamu mungkin penasaran, "Berapa kecilnya sebenarnya. " Ternyata Hoplo Catfish bisa tumbuh hingga mencapai ukuran sekitar 15 cm.


Penyebaran wilayah


Hoplo Catfish bisa ditemukan di sebelah timur Andes di wilayah Amazon, lembah sungai Paraguay, Orinoco, juga sungai pesisir Guianas dan Brasil Utara.


Makanan

Hoplo Catfish

Hoplo Catfish memiliki kebiasaan makan yang sangat fleksibel. Ikan ini mencari makanan dari berbagai jenis, termasuk makanan yang sudah mati atau makanan yang beku.


Jika kamu memelihara Hoplo Catfish, kamu dapat memberikannya makan cacing beku saat ukurannya masih kecil, ikan kecil saat ukurannya sudah agak besar, dan juga potongan udang.


Habitat & Karakteristik

Hoplo Catfish

Habitat Hoplo Catfish terletak di perairan yang mengalir dengan lambat dan tenang. Lebih optimal jika area perairan tersebut memiliki vegetasi yang dapat digunakan sebagai tempat perlindungan.


Sebenarnya Hoplo Catfish bukanlah ikan yang sangat pemalu. Bagaimanapun, jika ada tempat perlindungan atau persembunyian yang tersedia, Hoplo Catfish pasti akan memanfaatkannya.


Temperamen

Hoplo Catfish

Hoplo Catfish merupakan jenis ikan yang agresif ketika sedang melakukan proses pemijahan. Namun jika ikan lain di dalam tank lebih besar daripada Hoplo Catfish, maka ikan tersebut pasti akan merasa ketakutan sendirian. Jadi pastikan tankmate yang kamu pilih tidak lebih kecil dari Hoplo Catfish. Jangan biarkan tankmate yang lebih kecil daripada Hoplo Catfish berada dalam tangki yang sama.


Catatan khusus


Saat ini belum terdapat informasi apapun tentang status Hoplo Catfish (Megalechis thoracata) di situs IUCN Red List.