BENPARK - Ikan ini cukup menarik untuk diperhatikan. Dikenal sebagai hewan yang liar oleh penduduk setempat dan juga dianggap ganas oleh penggemar ikan. Dia dikenal sebagai Malabar Wolffish.

Malabar Wolffish

Malabar Wolffish juga dikenal dengan sebutan Trahira. Ikan yang dikenal dengan sebutan "si serigala air" ini sangat berbahaya dan populer di kalangan penggemar ikan predator di Indonesia.


Bagaimana deskripsinya? Mari kita lihat ulasan tentang Malabar Wolffish berikut ini:


Klasifikasi Ilmiah


Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Characiformes
Famili : Erythrinidae
Genus : Hoplias
Spesies : H. malabaricus
Nama Latin/Ilmiah : Hoplias malabaricus


Bentuk Fisik

Malabar Wolffish

Sesuai dengan namanya, yaitu "wolf fish", ikan ini memang memiliki penampilan yang menyerupai serigala. Namun, perbedaan utamanya adalah bahwa serigala ini hidup di dalam air.


Sikap tubuhnya yang menakutkan menarik perhatian banyak pecinta ikan untuk memiliki ikan tersebut. Di samping itu, dia juga memiliki gigi yang menonjol dan tajam seperti silet di mulutnya yang besar.


Biasanya, Malabar Wolffish memiliki beragam warna kulit. Namun yang sering ditemui adalah warna abu-abu kecoklatan yang dihiasai dengan garis-garis vertikal (atau bahkan horizontal) yang lebih gelap.


Ikan yang dijuluki sebagai "serigala air yang mematikan" bisa mencapai panjang hingga 55 cm dan memiliki berat sekitar 8 kg. Jika kamu tertarik untuk merawatnya, persiapkanlah akuarium yang besar.


Penyebaran wilayah


Darimana asal Malabar Wolffish sebenarnya? Ikan ini sebagian besar ditemukan di wilayah-wilayah di Amerika Latin.


Ikan Malabar Wolffish tersebar di wilayah Argentina, Bolivia, Brasil, Ekuador, Guyana, Kosta Rika, Kolombia, Paraguay, Peru, Suriname, Trinidad, Tobango, Uruguay, serta Venezuela.


Makanan

Malabar Wolffish

Sama seperti spesies predator lainnya, Malbar Wolffish merupakan pemangsa ikan yang sangat agresif. Ketangkasan, mobilitas, dan kekuatan membuat mangsanya seringkali tidak dapat mengatasi situasi.


Namun kamu juga dapat memberinya pilihan makanan non-hidup seperti potongan udang, cacing beku, atau bahkan ulat hongkong.


Di lingkungan aslinya di sungai berarus deras dan keruh, Malabar Wolffish tetap menjadi predator yang tangguh. Ikan Malabar Wolffish umumnya mencari makan pada malam hari, karena mereka aktif saat malam tiba.


Habitat & Karakteristik

Malabar Wolffish

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Malabar Wolffish dapat ditemukan di sungai dengan aliran yang sangat kuat. Selain itu, air di sungai juga sering kali terlihat keruh sehingga sulit bagi mata manusia untuk melihat ke dalamnya.


Pada waktu malam, ikan ini sangat bergerak aktif. Pada pagi hari, Wolffish Malabar aktif di dalam vegetasi.


Untuk mereka yang belum familiar dengan konsep vegetasi. Vegetasi merupakan area yang banyak diisi oleh berbagai jenis tanaman. Maka Wolffish berteduh dan beristirahat di sana.


Temperamen

Malabar Wolffish

Walaupun cenderung diam, jangan pernah terkecoh dengan sifatnya yang demikian. Ikan Malabar Wolffish adalah spesies laut yang sangat berbahaya.


Sangat tidak disarankan untuk memasukkan ikan tankmate yang lebih kecil dari mulut Malabar Wolffish ke dalam akuarium. Mengapa? Sudah jelas nanti itu bisa menjadi hidangan lezat untuk Malabar Wolffish.


Oleh karena itu, perlu memastikan bahwa ukuran ikan lain yang berada dalam tangki harus jauh lebih besar daripada mulut si serigala air.


Catatan khusus


Saat ini belum terdapat data spesifik mengenai jumlah populasi Malabar Wolffish di beberapa sumber termasuk Wikipedia karena belum ada penilaian resmi dari IUCN.