BENPARK - Ikan Palmas juga dikenal dengan sebutan ikan naga, selain ikan Arwana. Ikan Palmas Senegal adalah salah satu jenis ikan Palmas yang sering dijadikan pilihan oleh para penghobi untuk dipelihara.


Palmas Senegalus memiliki beberapa nama lain juga, tidak hanya satu nama saja. Apa aja sih? Beberapa di antaranya meliputi Senegal Bichir, Gray Bichir, Cuvier Bichir, Dinosaur Eel, Dinosaur Bichir, dan Dragon Fish. Jadi jangan heran jika ada yang memanggil dengan salah satu nama yang sudah disebutkan. Jadi jangan merasa aneh ya jika ada yang memanggil dengan nama yang sudah disebutkan tadi.

Palmas Senegalus

Ikan Palmas Senegalus ini termasuk ikah hias bottom Cleaner (Tipe Bawah) yang sangat handal dalam membersihkan dasar akuarium.


Sebagai ikan hias yang bertugas membersihkan dasar, Palmas Senegalus sangat bermanfaat dalam menjaga kebersihan tank ikan kamu di bagian bawah. Palmas Senegalus akan mengonsumsi sisa-sisa makanan tersebut sehingga tidak ada makanan yang membusuk (yang tentu saja dapat mempengaruhi kualitas air di akuarium/tangki).


Klasifikasi Ilmiah


Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Subkelas : Chondrostei
Ordo : Polypteriformes
Famili : Polypteridae
Genus : Polypterus
Spesies : P. senegalus
Nama Latin/Ilmiah : Polypterus senegalus


Bentuk Fisik

Palmas Senegalus

Sekilas, Palmas Senegalus tampak sangat mirip dengan ikan belut. Orang yang tidak terbiasa dengan ikan mungkin akan menganggap ikan hias ini mirip dengan belut, terutama jika mereka awam dalam hal ini.


Banyak orang mungkin mengalami kesulitan dalam membedakan bentuknya yang panjang karena mirip dengan penampilan belut. Tetapi, apabila kita melakukan penyelidikan yang lebih mendalam. Ikan Palmas Senegalus memiliki kepala yang lebar mirip katak, berbeda dengan ikan belut yang memiliki kepala yang sedikit runcing.


Sebelumnya telah disebutkan bahwa Palmas Senegalus juga dikenal sebagai Gray Bichir. Apakah kamu mengetahui alasannya di balik pemilihan "Gray" Bichir. Kata "gray" sendiri berarti abu-abu. Ikan hias yang satu ini dinamakan "Gray Bichir" karena memiliki warna tubuh yang abu-abu.


Lain hal yang menambah kesan seperti naga adalah sirip punggungnya yang bergerigi. Sirip berduri dari ikan Palmas Senegalus melindungi tubuhnya secara menyeluruh, bahkan menjangkau hingga ke bagian ekor.


Di dalam tubuh Palmas Senegalus terdapat organ pernapasan primitif. Dengan memiliki paru-paru primitif, Palmas Senegalus dapat menarik udara langsung dari permukaan air. Kerenkan?


Palmas Senegalus merupakan jenis palmas yang relatif kecil jika dibandingkan dengan varietas palmas lainnya. Palmas Senegalus hanya mampu mencapai ukuran maksimum sekitar 35 cm. Sesuai untuk penggemar ikan hias berukuran kecil.


Penyebaran wilayah


Palmas Senegalus tersebar di perairan tropis di seluruh wilayah Afrika dan juga di sungai-sungai di wilayah Sungai Nil. Daerahnya meliputi negara-negara seperti Senegal, Republik Demokratik Kongo, Mali, Uganda, Mesir, Pantai Gading, Tanzania, Sudan, Kamerun, Chad, Ethiopia, Kenya, Nigeria, Gambia, dan sebagainya.


Makanan

Palmas Senegalus

Ikan Palmas Senegalus merupakan jenis ikan hias yang termasuk dalam kelompok karnivora, yang berarti ikan ini tergolong sebagai predator. Palmas Senegalus merasa sangat senang saat mengkonsumsi krustasea (udang-udangan) yang sama.


Ketika merawat Palmas Senegalus, kamu dapat memberikan pilihan makanan beku atau hidup untuk kelangsungan hidupnya. Seperti contohnya adalah ikan kecil, ikan yang sudah tidak segar, potongan udang, ulat hongkong, cacing yang telah dibekukan, dan lain sebagainya.


Agar Palmas Senegalus, yang merupakan jenis ikan pembersih dasar, dapat memperoleh makanannya dengan baik, sangatlah penting untuk memperkirakan agar ikan ini dapat mencapai sumber makanannya.


Jika kamu mendapat ulat hongkong dan melihat ulat tersebut mengapung, cobalah menenggelamkannya agar lebih mudah dijangkau. Jika diberi pakan ikan kecil, sebaiknya akuariumnya lebih kecil agar ikan mudah ditangkap.


Habitat & Karakteristik

Palmas Senegalus

Tempat tinggal Palmas Senegalus biasanya adalah di perairan dengan aliran yang tidak terlalu deras seperti rawa-rawa, sungai, dan danau air tawar.


Saat merawat ikan ini, penting untuk menyiapkan tempat perlindungan bagi mereka. Ada banyak pilihan untuk dekorasi alam, seperti gua tiruan, batu-batu kecil, potongan kayu, tanaman baik yang asli maupun yang buatan dari plastik, dan sebagainya.


Palmas Senegalus memiliki sifat yang agak istimewa. Meskipun ikan ini termasuk dalam kategori ikan bawah, tetapi seringkali ikan hias tersebut sering berenang di sekitar akuarium. Sekilas, ikan ini terlihat sangat energik sebagai ikan yang berada di dasar (karena biasanya ikan di dasar cenderung tidak bergerak dan pasti sangat membosankan untuk dilihat).


Ikan Palmas Senegalus termasuk dalam kategori ikan yang aktif pada malam hari. Ikan hias ini cenderung lebih aktif di malam hari dan biasanya istirahat di siang hari. Sangat tidak biasa dibandingkan dengan orang-orang pada umumnya.


Temperamen

Palmas Senegalus

Karakteristik Palmas Senegalus sebenarnya cukup baik, meskipun perlu sedikit kewaspadaan. Apa yang membuatmu waspada?


Karena ketika ada ikan lain yang cukup kecil untuk masuk ke mulutnya, Palmas Senegalus akan dengan mudah memangsa mereka, terutama jika sedang lapar. Ketika memilih ikan rekan sehabitat, pastikan ukurannya tidak terlalu kecil daripada Palmas Senegalus. Minimal seukuran dengan tubuhnya.


Tankmate yang direkomendasikan termasuk sesama Polypterus, Datz (Datnioides), Arwana, Alligator (ukurannya tidak boleh terlalu besar), Koi, Synodontis, dan Knife Fish (Belida).


Catatan khusus

Palmas Senegalus

Menurut informasi dari IUCN Red List, Palmas Senegalus masuk dalam kategori "Least Concern". Hal ini menandakan bahwa populasi Palmas Senegalus memiliki kemungkinan yang kecil untuk punah di habitat alaminya. Meskipun demikian, kita juga sebaiknya turut berperan dalam upaya untuk mencegah kepunahan Palmas Senegalus.