BENPARK - Sudah tentu kamu mengenal ikan Peacock Bass, bukan? Dari berbagai jenis Peacock Bass, kali ini Admin akan membahas tentang Peacock Bass Temensis.


Dalam hal sebutan, Peacock Bass Temensis memiliki beberapa nama panggilan. Apa aja sih? Beberapa di antaranya meliputi Speckled Pavon, Speckled Peacock Bass, Three-barred Peacock Bass, dan juga Painted Pavon.

Peacock Bass Temensis

Ikan Peacock Bass Temensis adalah contoh ikan tipe tengah yang penting untuk diketahui. Ikan Peacock Bass Temensis berperan penting dalam membersihkan sisa-sisa makanan yang berada di dalam air, di mana mereka mendiami wilayah yang tidak terjangkau oleh ikan-ikan lain baik di bagian atas maupun bawah air.


Salah satu fungsi lainnya adalah untuk menambah keseruan di dalam akuarium agar terlihat lebih hidup (Kenapa harus ramai di bagian atas dan bawah tapi sepi di tengah-tengah. )


Klasifikasi Ilmiah


Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Perciformes
Famili : Cichlidae
Genus : Cichla
Spesies : C. piquiti
Nama Latin/Ilmiah : Cichla temensis


Bentuk Fisik

Peacock Bass Temensis

Dengan nama panggilan yang diberikan kepadanya, yaitu "Si Roket Terbesar Berbintik Mutiara". Peacock Bass Temensis dapat mencapai panjang hingga 1 meter dengan bobot sekitar 13 kilogram saat dewasa.


Hebat sekali, tidak heran disebut sebagai roket terbesar. Ikan Peacock Bass lainnya bahkan tidak bisa tumbuh sebesar itu.


Mengapa julukan tersebut mencakup kata-kata "dengan bintik mutiara". Hal ini dikarenakan tubuh Peacock Bass Temensis memiliki warna yang gelap dengan bintik-bintik yang menyerupai mutiara.


Perhatikanlah bentuk tubuh ikan ini, Peacock Bass Temensis pada dasarnya mempunyai bentuk yang serupa dengan varietas Peacock Bass lainnya. Dari ujung rahang yang menonjol, bentuk sirip atas yang unik, hingga ke bentuk tubuhnya.


Banyak orang bingung membedakan jenis ini karena bentuknya hampir mirip dengan Peacock Bass lainnya. Mungkin kamu juga merasa kebingungan dalam membedakannya, bukan?


Beruntungnya, Peacock Bass Temensis ini memiliki ciri khas yang membuatnya mudah diidentifikasi. Ikan roket terbesar ini umumnya memiliki tubuh yang cenderung lebih gelap dan dihiasi dengan titik-titik putih mutiara.


Diperlukan pemahaman bahwa semakin cantik marking (pola warna pada tubuh) dari Peacock Bass Temensis, semakin tinggi juga harganya. Apakah kamu tahu bahwa corak ikan ini sebenarnya dipengaruhi oleh latar belakang akuariumnya.


Di habitat alaminya, ikan yang dikenal sebagai "rocket" ini mampu berakomodasi dengan kondisi lingkungan di sekitarnya. Bukan hanya Pari, tetapi juga Peacock Bass Temensis telah berubah warna untuk sesuai dengan lingkungannya.


Jika latar belakang yang digunakan gelap, maka penandaan akan terlihat lebih tajam dan pekat karena penyesuaian terhadap warna latar belakang. Jika sebaliknya, ketika latar belakangnya terang, maka penandaannya akan lebih terang juga. Namun, tentu saja warna latar belakang pada tangki tidak bisa digunakan sebagai acuan. Dikarenakan berbagai faktor seperti pola makan, genetika, kondisi air, dan sebagainya, mempengaruhi proses penandaan.


Penyebaran wilayah


Peacock Bass Temensis merupakan ikan yang dapat ditemui di sebagian besar wilayah Amerika Selatan bagian utara, termasuk di negara-negara seperti Kolombia, Venezuela, Guyana, dan juga Brasil. Ikan ini benar-benar memiliki distribusi yang sangat luas, mirip dengan Peacock Bass Blue Azul.


Makanan

Peacock Bass Temensis

Peacock Bass Temensis sangat doyan makanan, mereka sangat rakus saat mencari makan. Dengan memiliki rahang dan mulut yang besar serta tubuh yang sempurna, cara berburu ikan ini tidak boleh dianggap enteng.


Ikan Peacock Bass Temensis mengandalkan kegesitan dan kecepatan ketika berburu mangsa. Tidak mengherankan bahwa ikan ini sangat populer di kalangan banyak orang karena cara mereka mencari makanan yang menarik untuk disaksikan.


Di lingkungan alam bebas, Peacock Bass Temensis sering kali memangsa ikan kecil sebagai makanan utamanya. Setelah melihat ikan kecil, Peacock Bass Temensis segera menyerang dengan cepat. Setelah itu, ikan tersebut segera berputar balik dan kembali ke tempat semula setelah melihat mangsanya sebelumnya. Sangat mungkin bagi mangsa untuk terkena serangan dari si roket dengan bintik mutiara yang mematikan.


Sedikit informasi, Peacock Bass Temensis adalah jenis ikan pemangsa yang tumbuh dengan cepat. Jangan lupa untuk tetap memberikan berbagai jenis makanan kecil yang berbeda (baik itu potongan udang, cacing, ulat, atau ikan lainnya) agar variasi. Makanan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap nutrisi ikan.


Habitat & Karakteristik

Peacock Bass Temensis

Tempat tinggal Peacock Bass Temensis adalah di lingkungan perairan dengan arus yang deras. Namun demikian, ikan ini juga sering dijumpai di perairan yang damai (arus sangat lambat). Sering kali habitatnya menjadi lokasi favorit untuk memancing, karena ikan ini memang sangat ideal untuk dipancing.


Jika kamu merawat si roket berbintik mutiara ini, jangan berikan ornamen berbahan kayu yang tajam karena bisa menyebabkan luka pada tubuhnya. Kamu bebas untuk menghias dengan hiasan apa pun, tetapi pastikan untuk menghindari hiasan yang memiliki ujung tajam. Ornamen yang tidak bergerigi seperti batu-batu kecil, bangunan-bangunan kecil, dan sebagainya. Kamu juga dapat menambahkan tanaman air dan pasir substrat untuk membuat tangki kamu lebih menarik.


Ikan Peacock Bass Temensis cenderung lebih suka untuk tetap diam di lokasi yang sama. Ikan ini memang kadang-kadang bergerak untuk menjelajah atau mencari makanan.


Walaupun Peacock Bass Temensis cenderung tenang, namun hal berbeda terjadi ketika kamu memberinya makan. Roket yang berkilauan seperti mutiara ini dapat menimbulkan sensasi terpukau dan kagum saat kamu melihat reaksinya.


Temperamen

Peacock Bass Temensis

Karakteristik dari ikan Peacock Bass Temensis bisa dibilang cukup berbahaya untuk ditangani. Kenapa hal itu dapat terjadi? Karena roket ini dengan motif bintik mutiara cukup agresif.


Sejatinya, masih mungkin untuk menggabungkannya dengan ikan lain, tetapi harus selalu memperhatikan perilaku mereka. Dan yang paling penting adalah untuk tidak terlambat dalam memberikan makanan.


Tentu saja, peraturan "rekan-rekan tangki" masih berlaku, ya. Usahakan untuk tidak memasangkan Peacock Bass Temensis dengan ikan yang lebih kecil sebisa mungkin. Jika tidak, sudah pasti akan menjadi target yang mudah.


Catatan khusus


Sampai sekarang, belum ada catatan khusus secara spesifik mengenai jumlah populasi Peacock Bass Temensis dari berbagai sumber termasuk Wikipedia karena belum ada evaluasi resmi yang dilakukan oleh IUCN.