BENPARK - Siapa yang tak kenal ikan Arwana? Semua pasti tahu bahkan bagi orang yang tak tertarik pada ikan pun. Pernahkah kamu mendengar tentang African Arowana sebelum kita mengulasnya lebih lanjut?


African Arowana adalah salah satu jenis ikan Arwana yang unik dan berbeda dari yang lain. Bentuknya yang menggemaskan membuat banyak penggemar ikan predator sangat menyukainya. Harganya juga tidak terlalu mahal kok.


Untuk lebih familiar untuk kamu ketahui, ikan ini sering kali disebut sebagai "Arwana Afrika" dalam bahasa Indonesia. Jadi tidak perlu merasa kebingungan. BENPARK menggunakan versi bahasa Inggris dari namanya karena itu adalah yang paling umum digunakan.

African Arowana

Ikan African Arowana termasuk dalam kategori ikan predator teratas, atau sering disebut sebagai "Top Feeder". Pada dasarnya, peran ikan predator tipe atas yaitu untuk membersihkan sisa makanan yang sulit dijangkau oleh ikan tipe tengah dan bawah yakni bagian atas permukaan air.


Kadang-kadang, ikan yang tipe tengah dan bawah mengalami kesulitan dalam mencapai makanan yang terdapat di atas, di sekitar permukaan air. Ikan tipe atas sangat bermanfaat untuk membersihkan sisa makanan yang ada di permukaan air, sehingga kualitas air akan terjaga.


Ayo kita ulas hal-hal menarik mengenai ikan Arowana Afrika yang menggemaskan ini. silakan simak sampai akhir ya:


Klasifikasi Ilmiah


Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Osteoglossiformes
Famili : Arapaimidae
Genus : Heterotis
Spesies : H. niloticus
Nama Latin/Ilmiah : Heterotis niloticus


Bentuk Fisik

African Arowana

Tampilan fisik African Arowana sangat menarik dan menggemaskan. Apabila diperhatikan, sebenarnya bentuk tubuhnya terlihat serupa dengan ikan Arwana lainnya. Tapi tunggu sebentar, mari perhatikan bagian kepalanya. Kepalanya memiliki bentuk bulat yang hampir mirip dengan ikan Gabus.


Bukan hanya di bagian atas, tetapi juga di bagian ujung ekornya berbentuk bulat. Buat orang yang kurang paham, mereka mungkin salah menganggap bahwa ini adalah ikan Gabus. Karena secara fisiknya tidak terlalu berbeda, maka menjadi pengertianlah.


Kemudian, African Arowana dapat mencapai panjang 1 meter dan memiliki berat hingga 10 kilogram saat dewasa. Wah, ikan ini benar-benar berat. Admin rasa diperlukan beberapa orang untuk mengangkat ikan ini, ya. Berapa banyak orang yang dibutuhkan untuk melakukannya, kira-kira?


African Arowana memiliki badan yang berwarna abu-abu, coklat, atau bahkan keemasan. Warna abu-abu adalah yang paling umum ditemukan di pasar.


Penyebaran wilayah


Seperti namanya, African Arowana berasal dari benua Afrika. Namun, tepatnya Afrika bagian mana? Bukannya wilayah Afrika itu luas banget ya?


Arowana Afrika menyebar dari wilayah Sahelo-Sudan, Senegal, Gambia, dan beberapa bagian timur Afrika. Daerahnya meliputi sejumlah besar sungai yang cukup banyak. Beberapa sungai yang termasuk di antaranya ialah Corubal, Volta, Oueme, Niger, Benoue, dan Sungai Nil.


Rupanya tidak hanya sungai, tetapi danau juga menjadi tempat tinggalnya di alam liar. Danau yang dimaksud adalah Danau Chad dan Danau Turkana.


Makanan

African Arowana

Pilihan makanan untuk African Arowana sebenarnya mirip dengan ikan Arwana pada umumnya. Kamu dapat memberinya ikan kecil, potongan udang, cacing beku, ulat, serangga, dan juga kodok.


Arowana Afrika memiliki mata yang selalu tertuju ke atas, sehingga di habitat alaminya ikan ini sering mencari makanan yang ada di permukaan air. Pada saat momen yang tepat, ikan ini akan melompat sekitar 1 hingga 2 meter untuk menangkap mangsa ketika mendapat kesempatan.


Setelah berhasil menangkap mangsa, African Arowana akan memakan mangsanya dengan menggunakan rahangnya yang sangat kuat. Agar mangsanya semakin lemah, ikan African Arowana akan memaksa mangsanya bergerak ke arah bawah, menuju bagian dasar air.


Habitat & Karakteristik

African Arowana

Habitat African Arowana terletak di sungai-sungai luas dan deras di benua Afrika. Namun, keuntungan lain yang diperoleh adalah terdapat banyak sekali binatang buruan yang terutama berada di atas permukaan air.


African Arowana memiliki sifat yang mirip dengan ikan Arwana lainnya. Saat merawat African Arowana, ikan ini menyukai berenang di sekitar kolam dan gemar menjelajahi setiap sudutnya. Adalah hal yang wajar bila kita membicarakan tentang ikan Arwana.


Temperamen

African Arowana

Sifat dari African Arowana dapat dikatakan sebagai tidak berbahaya untuk ikan lain. Tankmate harus memiliki ukuran yang tidak lebih kecil dari mulut African Arowana. Jika ikan itu lebih kecil dari mulutnya, maka tidak akan ada yang disebut sebagai tankmate, melainkan hanya sebagai mangsa. Tentu saja kita tidak ingin kejadian tersebut terjadi, bukan begitu?


African Arowana biasanya kompatibel dengan ikan predator lain seperti ikan pari, golden dorado, peacock bass, goliath tigerfish, payara armatus, alligator gar, dan sebagainya. 


Tetaplah memastikan bahwa ukuran ikan memiliki ukuran yang sepadan. Tidak boleh ada yang lebih kecil maupun lebih besar.


Catatan khusus


Saat ini, African Arowana masih dilabeli sebagai "Leasts Concern" oleh IUCN Red List. Artinya, ikan ini telah dievaluasi tapi tidak masuk ke dalam kategori manapun.