BENPARK - Ikan Tigrinus Catfish sudah tidak asing lagi bagi para penggemar ikan predator di Indonesia, namun ikan ini adalah salah satu ikan predator kelas atas. Alasan tersebut adalah karena ikan ini dibanderol harga jual yang mahal agar dapat diangkut ke dalam akuarium milik kamu. Sehingga diperlukan pengeluaran uang yang cukup untuk siapa pun yang ingin membelinya.


Ikan ini juga populer dengan nama lain yang tidak kalah terkenal, seperti Tigerstriped Catfish dan Zebra Shovelnose Catfish. Zebra dinamakan demikian karena memiliki garis-garis berpola vertikal di badannya yang menyerupai warna badan zebra.


Dalam mengkategorikan jenis ikan berdasarkan posisinya di dalam air, Tigrinus Catfish dapat diklasifikasikan sebagai ikan tipe bawah (Bottom Cleaner).

Tigrinus Catfish

Jadi ikan ini sangat cocok untuk siapa pun yang memerlukan penjaga kebersihan di bagian bawah akuarium kamu. Ikan ini pasti dapat mengatasi kendala tersebut karena Tigrinus Catfish sangat adaptif dalam hal makanan.


Berminat dalam merawat Tigrinus Catfish? Sebelum memutuskan untuk membeli atau merawat ikan ini, disarankan untuk meningkatkan pengetahuan dengan membaca artikel berikut guna mengurangi risiko kematian saat merawatnya. Silakan perhatikan informasi berikut ini:


Klasifikasi Ilmiah


Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Siluriformes
Famili : Pimelodidae
Genus : Brachyplatystoma
Spesies : B. tigrinum
Nama Latin/Ilmiah : Brachyplatystoma tigrinum


Bentuk Fisik

Tigrinus Catfish

Dari segi penampilan fisiknya, sebenarnya tampak serupa dengan variasi ikan lele lainnya. Satu-satunya perbedaan kecil yang mungkin ada adalah ada sesuatu yang ramping di ujung ekornya, sehingga ekor Tigrinus Catfish terlihat sangat panjang.


Ikan Tigrinus memiliki pola garis vertikal yang terlihat dari badan hingga ekornya dan juga pada siripnya. Garis-garis tegak di tubuhnya inilah yang menyebabkan ikan ini disebut "Si Zebra Berkumis", karena badannya lebih menyerupai zebra daripada harimau.


Jalur vertikal di tubuhnya juga membuatnya tampak istimewa di antara berbagai jenis ikan lele lainnya yang sebagian besar tidak memiliki corak yang terlalu mencolok.


Berdasarkan informasi yang ditemukan dalam jurnal yang dimiliki oleh J.G. Lundberg dan M.W. Littman pada tahun 2003, Tigrinus Catfish memiliki kemampuan untuk tumbuh hingga mencapai ukuran 60 cm ketika hidup di lingkungan alaminya.


Penyebaran wilayah


Ikan Tigrinus Catfish tersebar di Sungai Amazon di wilayah Brazil dan Kolombia. Ikan ini memiliki penyebaran wilayah yang relatif terbatas, karena distribusinya tidak begitu luas.


Makanan

Tigrinus Catfish

Di habitat alaminya, Tigrinus Catfish umumnya memangsa ikan-ikan kecil. Namun, jika kamu ingin merawat ikan ini, jangan khawatir, Tigrinus Catfish bisa beradaptasi dengan makanan yang sudah mati.


Tigrinus juga doyan mengkonsumsi makanan mati seperti potongan udang, potongan cumi, potongan ikan mati, cacing beku, ulat, dan kerang.


Habitat & Karakteristik

Tigrinus Catfish

Hal yang essensial untuk diingat mengenai habitat Tigrinus Catfish adalah bahwa mereka memerlukan lingkungan perairan dengan tingkat oksigen yang tinggi, kira-kira sekitar 5 mg per liter.


Bagi kamu yang ingin merawat ikan ini, disarankan untuk menyediakan aerator agar kebutuhan oksigen di dalam air akuarium terpenuhi. Semakin efisien aerator dalam menghasilkan oksigen, semakin baik karena hal ini berarti semakin banyak oksigen yang tersedia di dalam akuarium sehingga kondisi lingkungan di dalamnya menyerupai habitat aslinya.


Penting untuk dicatat bahwa Tigrinus Catfish juga menyukai air yang keruh dengan visibilitas rendah. Tigrinus Catfish sangat menyukai perairan yang tidak hanya keruh, tetapi juga memiliki arus yang kuat.


Jika kamu memiliki lebih banyak budget, kamu mungkin ingin mempertimbangkan untuk membeli Wave Maker ketika kamu merawat Tigrinus Catfish.


Tigrinus Catfish memiliki sifat yang mirip dengan ikan lele lainnya, mereka cenderung lebih suka berada di bagian bawah akuarium dan sering terlihat di sana. Tigrinus Catfish kadang-kadang pindah dari satu lokasi ke lokasi lain untuk mencari makanan atau hanya untuk menjelajahi akuarium.


Temperamen

Tigrinus Catfish

Sifat Tigrinus Catfish sebenarnya cukup tenang, namun perlu diperhatikan ukuran tankmate-nya di dalam akuarium. Ikan lain yang akan dipelihara bersama Tigrinus Catfish harus memiliki ukuran yang lebih besar daripada mereka.


Namun, perlu diperhatikan bahwa perbandingan ukuran antara Tigrinus Catfish dan ikan lain dalam akuarium juga harus seimbang, karena jika terlalu jauh maka yang lebih kecil bisa menjadi mangsanya.


Catatan khusus


Saat ini, tidak ada data spesifik tentang jumlah populasi Tigrinus Catfish yang tersedia di beberapa sumber, termasuk Wikipedia, karena IUCN belum mengevaluasi spesies ini.