BENPARK - Black Pacu nama ikan air tawar yang menjadi terkenal karena tingkat kepopulerannya yang sangat tinggi. Ikan Black Pacu dikenal dengan sebutan unik, yaitu ikan hitam dengan gigi mirip manusia yang berasal dari sungai Amazon. Beberapa pecinta ikan juga menyukai untuk menyimpan jenis ikan ini sebagai tankmate dalam akuarium ikan predator mereka.

Black Pacu

Ikan ini memiliki sejumlah nama lain, termasuk Black-Finned Pacu, Tambaqui, Giant Pacu, Cachama, dan Gamitana. Ikan cantik ini menjadi favorit banyak orang karena kemampuannya untuk berbagi akuarium dengan ikan predator dengan baik, serta sering diolah menjadi hidangan oleh penduduk setempat.


Klasifikasi Ilmiah


Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Characiformes
Famili : Serrasalmidae
Genus : Colossoma
Spesies : C. macropomum
Nama Latin/Ilmiah : Colossoma macropomum


Bentuk Fisik

Black Pacu

Black Pacu memiliki kemiripan dengan ikan Piranha dan Bawal yang signifikan. Bentuknya bulat dan memiliki sirip punggung serta ekor yang menyerupai bendera. Ikan ini memiliki gigi yang mirip dengan gigi manusia dan bentuk fisiknya mirip dengan ikan Bawal. Menurut beberapa kutipan informasi menyatakan bahwa kekuatan ikan Black pacu terletak pada struktur rahangnya yang sangat kuat, seperti yang dilansir oleh beberapa sumber.


Bahkan disebutkan bahwa seorang balita berusia 5 tahun telah masuk ke sungai, tidak butuh waktu lama untuk melihat Black pacu menyerang dan melukai jarinya hingga akhirnya anak tersebut harus menjalani operasi. Rahangnya memiliki kekuatan yang cukup besar untuk meremukkan jari. Singkatnya, Black Pacu mengandalkan kekuatan rahangnya daripada bergantung pada gigi tajam seperti ikan Piranha.


Di lingkungan alam liar, Black Pacu memiliki potensi untuk tumbuh hingga ukuran 100 cm dengan berat berkisar 20 kg. Namun ketika ikan ini dipelihara di dalam akuarium, panjangnya hanya akan mencapai sekitar 60 cm.


Penyebaran wilayah


Black Pacu berasal dari sungai Orinoco dan wilayah Amazon di Kolombia, Venezuela, Peru, Bolivia, dan Brasil. Black Pacu sangat cepat menyebar ke berbagai belahan dunia, terutama di wilayah Hindia Barat dan Taiwan.


Makanan

Black Pacu

Sekalipun secara morfologi Black Pacu menyerupai ikan Piranha, namun jenis makanan Black Pacu tidaklah identik dengan ikan Piranha. Sementara Piranha memakan daging, Black Pacu merupakan ikan omnivora. Black Pacu umumnya mengonsumsi makanan tumbuhan seperti buah-buahan, kacang-kacangan, dan tumbuhan air sebagai makanan utamanya.


Gigi dan rahang yang kokoh sangat penting ketika ikan ini mengunyah makanan yang keras seperti kacang-kacangan. Hal ini sangat masuk akal. Namun perlu diingat, terkadang Black Pacu juga memangsa ikan kecil dan hewan tidak bertulang belakang. Seperti yang telah disebut sebelumnya, omnivora adalah jenis hewan yang bisa mengkonsumsi makanan berupa daging maupun tumbuhan. Jadi jangan berpikir bahwa Black Pacu hanya memakan tanaman saja.


Saat merawat Black Pacu, pemilik dapat memberikan makanan berupa pelet, cacing beku, buah-buahan, kacang-kacangan, bahkan ikan kecil sebagai pilihan pakan. Sebab Black Pacu adalah hewan pemakan segala, ikan ini memiliki kelebihan dalam hal pilihan makanan yang lebih beragam.


Habitat & Karakteristik

Black Pacu

Habitat ikan Black Pacu terletak di sungai-sungai dangkal dengan arus yang tidak terlalu deras, dan ditumbuhi oleh tanaman yang menjulur atau mengapung. Maka ketersediaan makanan menjadi lebih banyak dan melimpah. Pacu yang masih kecil seringkali mencari perlindungan di daerah banjir karena dianggap lebih aman dari serangan predator. Ciri-ciri dari ikan ini lebih menunjukkan perilaku individualis, dimana Black Pacu lebih cenderung untuk tinggal sendirian. Namun, situasinya menjadi berbeda saat mereka pindah ke tempat baru, mereka lebih cenderung menyukai untuk berkumpul dalam kelompok.


Temperamen

Black Pacu

Meskipun Black Pacu tidak agresif terhadap ikan lain dalam akuarium, sebenarnya Black Pacu lebih memilih untuk hidup sendirian di alam liar. Black Pacu sangat cocok untuk ditempatkan bersama dengan berbagai jenis ikan predator karena bersifat baik, bersahabat, tidak nakal, dan tidak mengganggu sesama ikan di dalam akuarium.


Catatan khusus


Saat ini, belum ada data spesifik mengenai jumlah populasi Black Pacu dari beberapa sumber, termasuk Wikipedia, karena IUCN belum melaksanakan penilaian secara resmi terhadap spesies ini.