BENPARK - Arwana, ikan predator yang populer di kalangan penggemar ikan hias maupun non-penggemar, sangat terkenal. Ikan yang telah hidup selama berjuta-juta tahun juga bisa dipelihara bersama ikan predator air tawar lainnya.


Beberapa alasan disebutkan oleh sebagian pemilik ikan Arwana yang dipelihara bersama dengan ikan predator lainnya. Dalam hal kebersihan, kita perlu menyadari bahwa ikan Arwana biasanya mendominasi bagian atas dari akuarium, terutama di dekat permukaan air.


Selain itu, beberapa orang juga berpendapat bahwa keberagaman spesies ikan dalam akuarium menjadi alasan mengapa ikan Arwana dapat hidup bersama dengan ikan predator lainnya di dalamnya. Beberapa penggemar hobi memilih untuk merawat ikan Arwana, ikan pari, dan Peacock Bass dalam satu akuarium agar memiliki variasi lebih banyak.

ikan predator tankmate arwana

Beberapa orang juga melihatnya dari sudut pandang fungsional, sehingga ikan Arwana ditempatkan dalam satu tangki dengan ikan yang disebut Golden Dorado. Ikan Golden Dorado dikenal sebagai predator yang sangat aktif dan suka menggoda ikan di dalam tangki mereka. Sebagai hasilnya, pemilik Arwana sering kali menggunakan metode ini untuk meningkatkan kecepatan dan aktivitas ikan Arwana.


Ada kemungkinan ada banyak alasan lain selain faktor-faktor yang telah disebutkan di atas yang membuat banyak orang (terutama para hobiis dan kolektor) memutuskan untuk tidak merawat ikan Arwana sendirian di dalam akuarium.


Setelah menguraikan secara singkat alasan dan faktornya, sekarang kamu perlu memahami ikan mana yang biasanya dijadikan tankmate dengan ikan Arwana. Informasi ini mungkin akan bermanfaat bagi kamu dan orang-orang di sekitar kamu. Simaklah ulasan berikut ini sampai akhir ya:


1. Peacock Bass


Ikan predator tengah yang paling disukai dan populer untuk dipertimbangkan sebagai teman tank Arwana adalah ikan Peacock Bass. Ini bahkan bisa dikatakan sebagai ikan pemangsa yang sangat dominan. Ikan ini diakui sebagai pemangsa yang ganas dan doyan saat makan sehingga cocok untuk disarankan sebagai teman bagi Arwana.


Tidak hanya saat makan, tapi juga penampilannya yang menarik dengan corak yang indah membuat ikan ini semakin diminati.


Pola atau motif pada tubuh Peacock Bass umumnya mempengaruhi nilai jualnya, semakin menarik maka semakin tinggi harganya. Sebaliknya, jika motif di tubuh ikan ini semakin memburuk, maka harganya akan semakin rendah.


Merawatnya dengan mudah dan tidak terlalu rumit adalah alasan yang cukup masuk akal untuk menambahkan Peacock Bass sebagai tankmate Arwana dalam akuarium. Kemudian, terkait makanannya, ikan ini juga sangat mudah beradaptasi dan mampu mengonsumsi berbagai makanan seperti yang biasa dimakan oleh Arwana, seperti udang, ulat, cacing, atau ikan kecil.


Ada beberapa jenis Peacock Bass yang berbeda, termasuk Peacock Bass Blue Azul, Temensis, Monoculus, Kelbery, dan lainnya.


2. Stingray (Pari)


Bagi sebagian individu, ikan Pari atau Stingray adalah tankmate yang paling sering dipilih untuk ikan Arwana. Banyak orang masih menganggap ikan pari sebagai predator air tawar yang eksotis, dan mungkin kamu juga termasuk di antaranya.


Alasan ikan Pari sangat diminati sebagai tankmate Arwana karena ikan Pari merupakan predator tipe bawah yang sangat populer. Meskipun ikan Pari memiliki motif yang indah dan menarik, beberapa masih menganggapnya sebagai ikan laut, padahal tidak semuanya demikian.


Tentu saja, memiliki ikan Pari di antara masyarakat umum adalah suatu kehormatan yang patut dibanggakan dan mungkin bisa ditunjukkan secara terbuka.


Masalah pakan tidak perlu dikhawatirkan. Makanan yang cocok untuk ikan Pari mirip dengan makanan yang cocok untuk ikan Arwana, yaitu makanan berupa cacing beku, udang, atau ulat. Dapat disimpulkan bahwa Ikan Pari memang dapat beradaptasi dengan berbagai jenis makanan.


Ikan Pari adalah ikan tipe bawah, oleh karena itu, Ikan Pari bisa menjadi tankmate yang baik untuk ikan Arwana kamu. Tidak hanya mempunyai kemampuan untuk memilih jenis makanan yang berbeda, tapi juga sifatnya yang lebih cenderung sebagai pembersih tentu akan memberikan manfaat bagi ikan Arwana.


Coba bayangkan jika ada sisa makanan yang tersisa di bagian bawah dasar akuarium, apa yang akan terjadi? Tentu saja, air akan menjadi kotor dan sisa makanan tersebut akan membusuk. Arwana pasti tidak dapat bertahan hidup di lingkungan air yang seperti itu.


Ada berbagai macam ikan Pari yang dapat dijadikan sebagai hewan peliharaan. Jenis-jenisnya sangat bervariasi. Beberapa memiliki corak di bagian belakangnya seperti Ocellata, Galaxy, Marbled, Motoro, Scobina, dan bahkan jenis yang paling mahal yaitu Leopoldi. Atau mungkin kamu juga tertarik dengan yang tidak mempunyai motif seperti White Edge Whipray (Himantura signifer).


3. Tiger Datnoid


Ikan Datnoid sangat adaptif dalam hal makanan, ikan ini menyukai berbagai jenis makanan seperti ikan kecil, cacing beku, dan udang. Ikan Datnoid atau Datz sangat doyan makan.


Dapat dikatakan bahwa ikan ini memiliki fleksibilitas dalam hal makanan. Ikan pemangsa ini biasanya memiliki ukuran sekitar 25 cm, namun bisa tumbuh hingga 45-50 cm di habitat alaminya.


Ikan ini memikat perhatian dengan warna emas yang mencolok dan pola loreng hitam yang mirip dengan harimau, sehingga memiliki daya tarik visual yang kuat. Janganlah terkejut jika banyak pecinta atau pengumpul Arwana memilih untuk memasangkan ikan Datnoid sebagai sahabat bagi Arwana mereka.


Juga, ikan Datnoid atau Datz juga menjadi favorit karena harganya yang cukup terjangkau bagi kebanyakan orang dan terutama para penggemar ikan pemangsa di Indonesia.


Coba bayangkan, ikan jenis ini tidak hanya menarik tetapi juga terjangkau dan memiliki fungsi yang berguna, yaitu membantu membersihkan makanan di area tengah akuarium. Siapa yang tidak akan tertarik dengan ikan seperti ini?


4. Golden Dorado


Ikan Golden Dorado memang dianggap tankmate yang ideal (dan sulit digantikan) dan cocok untuk beberapa alasan. Pertama, ikan Arwana seringkali dikejar karena mereka adalah perenang yang aktif dan sedikit nakal, namun mereka biasanya tidak terluka dalam proses tersebut.


Sangat menguntungkan bagi ikan Arwana karena saat dikejar, ikan Arwana akan secara otomatis bergerak aktif, berputar-putar di sekitar Akuarium, dan ini akan membuat kesehatan Arwana meningkat. Dalam beberapa situasi, terdapat beberapa ikan Arwana yang tidak bergerak sama sekali di sudut akuarium.


Alasan kedua adalah karena ikan Golden Dorado memiliki bentuk yang mencolok, mirip dengan ikan salmon. Pasti akan menjadi lebih menarik jika dikombinasikan dengan ikan Arwana.


Alasan berikutnya adalah karena perilakunya yang aktif berenang di sekitar akuarium akan sangat efektif dalam membersihkan sisa makanan di bagian tengahnya.


Mungkin bagi sebagian orang, ikan ini tetap sulit untuk didapat karena harganya yang masih tinggi. Namun, dengan semakin berkembangnya industri peternakan Golden Dorado di Indonesia, nampaknya tidak lama lagi semua orang akan dapat memiliki spesies ini sebagai teman bagi Arwana yang mereka pelihara.


5. Palmas


Ikan yang telah ada selama ratusan juta tahun mungkin dapat menjadi pilihan jika kamu memerlukan ikan tipe bawah yang cocok untuk dikombinasikan dengan Arwana kesayangan kamu. Meskipun ikan ini memiliki penampilan yang memukau dan menakutkan secara bersamaan, namun harganya tidak terlalu mahal.


Ada berbagai jenis Palmas, seperti Orna, Senegalus, Lapradei, Tali, Delhezi, dan banyak lainnya.


Jika budget kamu terbatas, lebih baik memilih Palmas Senegalus dan Delhezi karena harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis lainnya. Ini hanya saran saja.


Ikan Palmas adalah salah satu jenis ikan predator air tawar yang biasanya ditemukan di bagian bawah akuarium/tank. Ikan ini sering menghabiskan waktu di dasar akuarium/tank.


Ikan Palmas memiliki bentuk yang mirip dengan Belut pada pandangan pertama, tetapi jika diamati dengan seksama, akan terlihat beberapa perbedaan di antara keduanya. Dengan sirip yang lebih besar dan wajah yang lebih lebar serta kaki dayung yang lebih besar dari pada Belut. Pastinya ini akan meningkatkan variasi kecantikan di akuarium ikan Arwana kamu.


6. Alligator


Ikan Alligator adalah ikan yang sangat cocok dipelihara bersama dengan ikan Arwana. Karena Arwana dan ikan ini merupakan hewan primitif yang termasuk dalam jenis yang lebih tinggi.


Makanan Alligator dapat disesuaikan dengan pilihan ikan Arwana, termasuk ikan kecil, ikan besar, cacing beku, udang, dan ulat. Alligator mampu mencerna beragam jenis makanan tersebut.


Tak hanya itu, rupa kepalanya yang menyerupai buaya juga memberikan kesan yang sangat menakutkan di dalam akuarium kamu, ini pasti menarik apabila digabungkan dengan ikan Arwana yang memiliki kemiripan dengan naga.


Kamu memiliki banyak pilihan jenis Alligator, seperti Spatula Gar, Florida Gar, Longnose Gar (direkomendasikan karena mulutnya yang kecil mengurangi risiko memakan ikan di akuarium), Shortnose Gar, dan lainnya.


Namun, kamu perlu berhati-hati tentang ukuran karena jika salah satu di antara Alligator atau Arwana terlalu kecil, mereka bisa menjadi mangsa atau sering diintimidasi. Jadi, pastikan juga proporsinya seimbang. Tidak ada yang terlalu besar atau terlalu kecil dalam ukuran.


7. Catfish


Ikan lele atau catfish sangat cocok sebagai tankmate ikan Arwana di dalam akuarium, bukan hanya karena harganya yang terjangkau, tetapi juga karena kemampuannya sebagai pemakan sisa makanan di bagian bawah akuarium.


Jika kamu ingin memberi Arwana makanan berupa potongan udang, maka jika ada potongan udang yang jatuh ke bawah dan tidak dapat dijangkau, maka Catfish akan segera memakannya dan membersihkannya.


Redtail Catfish (RTC) atau Tiger Shovelnose Catfish (TSN) yang telah banyak dihasilkan secara budidaya dapat diperoleh dengan harga yang terjangkau. Jika kamu tertarik dan memiliki budget yang cukup, kamu dapat membeli Vulture Catfish atau Tigrinus Catfish untuk dikumpulkan bersama dengan ikan Arwana dalam satu akuarium.


Dari 5+ jenis ikan predator yang terkenal, ada formasi yang umumnya digunakan oleh banyak orang. Formasinya terdiri dari Arwana, Bass Peacock, dan Pari. Dari segi akal, ini memang terbukti sesuai karena berdasarkan jenis ikan dan posisi mereka di dalam air, mereka saling melengkapi satu sama lain.


Ikan Arwana yang dianggap sebagai jenis ikan prestisius lebih cenderung berenang di bagian atas air lebih sering. Lalu ikan Peacock Bass, yang awalnya dikenal sebagai ikan tipe tengah, kini merupakan jenis ikan yang gemar berkelana dan berpindah-pindah (terkadang di bagian atas air dan terkadang di bagian bawah). Ikan Pari yang merupakan spesies ikan tipe bawah sudah siap untuk menyapu sisa-sisa makanan yang terlewat ke bagian dasar akuarium, sehingga akuarium akan terlihat lebih bersih.


Dengan 5+ ikan predator air tawar yang terkenal untuk tankmate Arwana di dalam akuarium, dapat menjadi pilihan atau bahkan solusi ketika kamu dalam kebingungan mencari tankmate untuk ikan Arwana kamu.