BENPARK - Apakah kamu pernah menangkap ikan lele sebelumnya? Jika kamu pernah menangkap ikan lele yang biasa kita makan, kemungkinan besar kamu bisa menangkapnya sendiri. Namun, berbeda dengan lele biasa, Gilded Catfish memiliki ciri yang unik.


Gilded Catfish merupakan jenis lele jumbo yang dapat memiliki berat mencapai 50 kg atau bahkan lebih. Ukuran yang sangat besar ini juga sering dijumpai oleh para penghobi mancing, dan pastinya mereka yang baru mengenal akan terkejut dengan besarnya.


Gilded Catfish, yang juga dikenal sebagai Jau, merupakan ikan yang dapat ditemui di perairan tertentu. Namun umumnya para penggemar ikan di Indonesia lebih mengenal ikan ini dengan sebutan Gilded Catfish atau Zungaro Zungaro (nama ilmiahnya).

Gilded Catfish

Gilded Catfish diklasifikasikan sebagai tipe ikan bawah, atau yang sering disebut sebagai "Bottom Cleaner". Bottom Cleaner berperan dalam membersihkan sisa makanan yang tersisa di bagian dasar tank/akuarium untuk menjaga kebersihannya.


Pada beberapa situasi, ikan tipe atas dan tengah tidak selalu dapat mengonsumsi semua pakan yang diberikan, sehingga sebagian pakan jatuh ke dasar akuarium/tangki.


Pada saat seperti itu, adalah tugas ikan predator bawah (seperti Gilded Catfish) untuk mengkonsumsi sisa-sisa tersebut sehingga tidak ada sisa makanan yang membusuk (yang dapat merusak kualitas air di akuarium/tangki).


Klasifikasi Ilmiah


Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Siluriformes
Famili : Pimelodidae
Genus : Zungaro
Spesies : Z. zungaro
Nama Latin/Ilmiah : Zungaro zungaro


Bentuk Fisik

Gilded Catfish

Sepertinya bentuk fisik Gilded Catfish agak umum ya. Sama dengan Red Tail Catfish, ukurannya hampir mirip. Satu-satunya perbedaan yang mungkin dapat dicatat adalah bahwa mulutnya tidak begitu lebar.


Selain itu, Gilded Catfish juga memiliki perbedaan dengan Red Tail Catfish dalam hal warna. Gilded Catfish memiliki warna coklat tua yang gelap, sehingga dari sudut pandang warna kurang menarik bagi kebanyakan orang.


Sesuai dengan pada judul diatas, Gilded Catfish merupakan jenis lele yang memiliki ukuran yang cukup besar. Bayangkan saja, beratnya bahkan bisa mencapai sekitar 50 kilogram dengan panjang sekitar 140 sentimeter.


Sulit bagi kita untuk membayangkan bagaimana ikan ini diangkat. Karena tentu saja sangat sulit bahkan bagi orang dewasa sekalipun.


Penyebaran wilayah


Ikan Gilded Catfish adalah jenis ikan yang hanya ditemukan di Sungai Orinoco dan Amazon. Oleh karena itu, penyebaran ikan ini tidak sebegitu meluas dibandingkan dengan spesies ikan lainnya.


Makanan

Gilded Catfish

Sama seperti kebanyakan ikan lele, Gilded Catfish lebih suka memakan ikan kecil dan sejenis krustasea (udang-udangan) daripada makanan lain.


Ketika merawat Gilded Catfish, kamu dapat memberikannya makan ikan kecil, potongan udang, cacing beku (jika Gilded Catfish masih kecil), atau bahkan serangga.


Karena Gilded Catfish adalah ikan tipe bawah, disarankan untuk memberikan makanan yang dapat dijangkau dengan mudah oleh Gilded Catfish.


Habitat & Karakteristik

Gilded Catfish

Gilded Catfish umumnya dapat ditemukan di bagian hulu aliran sungai. Sifat-sifat lingkungannya meliputi sungai dengan dasar berlumpur dan pH sekitar 6,5-7,2.


Ketika kamu merawat Gided Catfish, disarankan untuk menciptakan lingkungan yang menyerupai habitat aslinya. Kamu dapat mengisi akuarium dengan gua-guaan, tumbuhan air, dan pasir sebagai substratnya.


Gilded Catfish aktif pada malam hari dan cenderung bersikap aktif saat matahari terbenam. Namun pada siang hari, Gilded Catfish cenderung untuk istirahat atau bersembunyi dengan diam dan pasif.


Temperamen

Gilded Catfish

Gilded Catfish sebetulnya tidak agresif selama ikan lain di dalam akuariumnya tidak lebih kecil daripada mulutnya. Tidak boleh dilupakan bahwa Gilded Catfish tetap merupakan pemangsa ikan, jadi jika ada ikan yang lebih kecil darinya di dalam akuarium, maka akan segera dimangsanya.


Catatan khusus


Saat ini, informasi mengenai populasi Gilded Catfish belum tersedia secara detail di beberapa sumber termasuk Wikipedia karena IUCN belum mengevaluasi spesies tersebut.