BENPARK - Bermacam jenis ikan predator air tawar yang akan dibeli bisa menjadi suatu hal yang membingungkan karena ada begitu banyak pilihan yang tersedia. Jika kita memiliki pemahaman yang mendalam tentang jenis ikan berdasarkan posisi mereka di dalam air, terutama ikan yang tinggal di bagian atas, maka kita dapat menjadi lebih selektif saat membeli ikan, terutama ikan predator.

ikan predator air tawar tipe atas

Oleh karena itulah, Admin akan memberikan ulasan tentang ikan predator air tawar tipe atas yang sering dipelihara. Faktanya, peran utama ikan predator tipe atas adalah membersihkan sisa makanan yang sulit dijangkau oleh ikan tipe tengah dan bawah di bagian atas permukaan air.


Pada kesempatan tertentu, ikan yang biasanya hidup di lapisan tengah dan bawah air mengalami kesulitan dalam mencapai makanan yang berada di bagian atas, yaitu di sekitar permukaan air. Ikan tipe atas sangat efektif dalam membersihkan sisa makanan yang terdapat di permukaan air, sehingga kualitas air akan membaik.


Apa jenis ikan predator tipe atas yang ada? kamu juga dapat mempertimbangkan daftar berikut ini saat memilih ikan predator tipe atas:


1. Alligator

ikan predator air tawar tipe atas

Ikan Alligator merupakan satu dari banyak jenis ikan predator yang banyak ditemui dan digemari karena kesederhanaan perawatannya dan harganya yang terjangkau. Tidak perlu ragu soal makanan, ikan Alligator adalah pemangsa yang sangat rakus. Semua makhluk kecil seperti ikan kecil, ikan besar, cacing beku, udang, dan ulat akan dimakan semuanya.


Dengan bentuk kepalanya yang menyerupai buaya, akuarium atau kolam kamu akan terlihat lebih menakutkan. Walaupun mungkin saat Alligator menyerang tankmatenya, kemungkinan besar tankmatenya akan menjadi mangsanya.


Kamu memiliki pilihan beragam jenis Alligator seperti Spatula Gar, Florida Gar, Longnose Gar (disarankan karena memiliki mulut kecil yang mengurangi risiko memakan tankmate-nya), Shortnose Gar, dan banyak jenis lainnya.


2. Arwana

ikan predator air tawar tipe atas

Ikan Arwana merupakan salah satu jenis ikan predator yang cukup umum dan diminati sebagai ikan predator tipe atas. Dapat diperhatikan dan diverifikasi bahwa kebanyakan penggemar ikan memilih untuk merawat ikan Arwana sebagai jenis ikan pilihannya. Keputusan ini cukup beralasan karena ikan Arwana cenderung makan di permukaan air bahkan di udara.


Beberapa kali, Arwana yang dipelihara dalam akuarium sering mencoba melompat untuk mencapai makanan yang disediakan oleh pemiliknya. Meskipun tangan pemilik hampir menyentuh air, ikan Arwana sudah melompat lebih dulu untuk mencapainya.


Semua ini disebabkan oleh kemampuan penglihatan Arwana yang cenderung melihat ke atas. Tersedia berbagai pilihan jenis Arwana yang dapat kamu pilih, seperti Red Tail Golden, Super Red, Golden Pino, Red Banjar, Silver, African, dan lain sebagainya.


3. Hujeta Gar

ikan predator air tawar tipe atas

Selanjutnya adalah Hujeta Gar. Meskipun masih terkait dengan keluarga Alligator, Hujeta Gar memiliki perbedaan yang unik yang tidak dimiliki oleh keluarga Alligator lainnya. Yaitu kecepatan pertumbuhannya yang sangat rendah. Ikan yang memiliki bentuk menyerupai roket dan torpedo sering terlihat di permukaan air.


Ikan yang tersebar di wilayah Panama dan Amerika Serikat ini mengejar mangsanya dengan cepat, bahkan di air yang mengalir deras. Seringkali kejadian tersebut terjadi di bagian atas akuarium/tangki hampir setiap waktu. Sebenarnya tidak perlu ragu-ragu untuk memilih ikan ini sebagai predator utama di akuarium kamu.


Kepribadian yang ramah dan tidak penuh kebencian terhadap ikan lain adalah faktor utamanya. Agar kondisi di dalam tank tetap aman dan damai. Perlu juga memperhatikan fleksibilitas pakan ikan ini. Hal ini juga perlu diperhatikan.


Hujeta Gar adalah jenis ikan predator air tawar yang dapat memangsa ikan kecil, cacing, atau udang. Ikan ini biasanya berada di puncak rantai makanan air tawar. Oleh sebab itu, dengan memberikan cacing beku sebagai makanan, diharapkan dapat membersihkan daerah di permukaan dengan sempurna. Wilayah tersebut sulit diakses oleh ikan tipe bawah seperti ikan Pari.


4. Paddlefish

ikan predator air tawar tipe atas

Paddlefish adalah salah satu jenis ikan predator air tawar yang berukuran besar. Ikan ini juga disebut dengan nama Polyodon Spatula. Ikan ini populer karena hidungnya yang menyerupai dayung panjang dan mirip hiu gergaji. Mereka merupakan perenang yang sangat aktif.


Saat merawat Paddlefish, kamu akan melihat ikan ini bergerak-gerak di bagian atas akuarium, mendekati permukaan air. Ikan pemangsa tipe atas ini telah ada sejak sebelum zaman dinosaurus (menurut penelitian).


Paddlefish mungkin menjadi pilihan yang sangat tepat untuk ikan tipe atas, karena ikan ini memiliki hidung yang tidak biasa dan menyerupai dayung sehingga memiliki daya tarik untuk menarik perhatian banyak orang.


Ketika sedang makan, Paddlefish sangat efisien dalam membersihkan permukaan air karena mereka adalah perenang yang sangat aktif dan terus-menerus berputar-putar. Dengan terus berputar-putar di sekitar akuarium/tank, akan memastikan bahwa bagian atas sudah bersih dari sisa-sisa makanan.


5. Arapaima

ikan predator air tawar tipe atas

Ikan Arapaima sering terlihat di habitat alaminya melakukan respirasi udara di permukaan air. Apakah kamu menyadari? Sebenarnya, hal ini menjadi kerentanan karena ketika Arapaima naik untuk bernapas udara, banyak orang yang tidak bertanggung jawab memburu Arapaima dengan memasang perangkap saat Arapaima sedang bernapas udara. Itulah yang menyebabkan ancaman menjadi muncul.


Saat akan memilih ikan predator tipe atas, pertimbangkanlah arapaima sebagai pilihan yang sesuai. Selain perawatannya yang mudah, penampilannya yang indah juga akan membuat siapa pun terkagum.


Ikan Arapaima adalah spesies yang dapat ditelusuri kembali ke zaman kuno, sehingga penampilannya hampir sama dengan ikan-ikan purba.


6. Snakehead (Channa)

ikan predator air tawar tipe atas

Ikan Snakehead merupakan pilihan terakhir jika opsi yang sebelumnya tidak kamu pilih. Mengapa Snakehead dimasukkan ke dalam posisi terakhir. Karena untuk merawat ikan Snakehead atau Channa, perlu memberikan perhatian yang lebih ekstra. Penutup pada bagian atas tangki harus betul-betul tertutup rapat dan tidak boleh ada celah sama sekali.


Jika ada kesempatan kecil yang diberikan, Snakehead memiliki peluang besar untuk melarikan diri. Ketika kamu memutuskan untuk memelihara Snakehead/Channa, kamu akan menemukan banyak opsi spesies yang berbeda untuk dipilih. Beberapa contoh spesies Channa meliputi Diplogramma, Lucius, Aurantii, Bankensis, Barca, dan masih banyak lainnya.


Nah itulah 5+ Ikan Predator Air Tawar Tipe Atas Yang Populer. Perhatikan dengan hati-hati saat menyatukan ikan predator yang berada di puncak rantai makanan dalam satu akuarium untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan.


Tidak jelas apakah itu persaingan untuk mendapatkan makanan atau menyerang satu sama lain untuk makan. Semoga informasi tentang 5+ jenis ikan predator populer di air tawar dapat memberikan inspirasi dan manfaat yang berharga bagi kamu.