BENPARK - Kita sering kali merasa kebingungan saat hendak memilih jenis ikan predator air tawar yang ingin dibeli karena terdapat begitu banyak pilihan yang tersedia. Seandainya kita benar-benar paham tentang karakteristik ikan berdasarkan tipenya di mana biasanya mereka berada, terutama ikan yang hidup di dasar, kita akan lebih teliti dalam memilih ikan, terutama ikan yang memangsa ikan lain.


Oleh sebab itu, BENPARK akan membahas ikan-ikan predator tipe bawah yang banyak diminati untuk dipelihara di kolam atau akuarium. Faktanya, ikan predator tipe bawah bertugas untuk membersihkan sisa-sisa pakan yang tersisa di bagian dasar wadah/akuarium agar lebih higienis.


Kadang-kadang, ikan-ikan yang tinggal di bagian atas dan tengah akuarium/tangki tidak dapat mengkonsumsi seluruh makanan yang diberikan, sehingga sebagian makanan jatuh ke dasar.


Di sini, pekerjaan ikan predator bawah adalah untuk memakan sisa-sisa makanan sehingga tidak ada makanan yang membusuk dan merusak kualitas air di akuarium atau tank.


Apa saja jenis ikan predator tipe bawah? Berikut adalah daftar beberapa pilihan ikan predator tipe bawah yang dapat kamu pertimbangkan ketika membeli:


1. Palmas

Ikan Predator Air Tawar Tipe Bawah

Ikan Palmas yaitu ikan pemangsa di lingkungan air tawar yang biasanya berada di bagian bawah, yang berarti ikan ini sering kali ditemukan di bagian dasar akuarium/tangki air.


Ikan Palmas memiliki penampilan yang sedikit mirip dengan Belut pada pandangan pertama, tetapi jika diamati dengan seksama, terdapat beberapa perbedaan yang dapat dikenali. Berbeda dengan Belut, Ikan ini memiliki sirip yang lebih besar, muka yang lebih lebar, dan kaki dayung yang lebih besar.


Ikan yang ada sejak ratusan juta tahun yang lalu dapat menjadi pilihan jika kamu mencari ikan predator tipe bawah di air tawar. Karena ikan ini tidak hanya memiliki harga yang terjangkau, tetapi juga tampil cantik dan menakutkan secara bersamaan, tanpa perlu mengeluarkan biaya besar.


Ada banyak jenis Palma, seperti Senegalus, Lapradei, Orna, Tali, Delhezi, dan masih banyak lainnya. Kamu memiliki opsi untuk memilih antara jenis Senegalus atau Delhezi dengan harga yang masih terjangkau dan masuk akal.


2. Lungfish

Ikan Predator Air Tawar Tipe Bawah

Ikan ini sangat istimewa dan memiliki daya tarik yang sangat menarik bagi para pecinta ikan. Bentuknya yang mirip belut namun memiliki badan yang agak berisi dan besar. Kemudian dilengkapi dengan empat kaki yang ramping sehingga dapat bergerak dengan lancar di dalam air dan di daratan.


Lungfish mampu bertahan di darat tidak hanya karena memiliki kaki, tetapi juga karena mereka menggunakan paru-paru untuk mengambil oksigen.


Lungfish akan bergerak ke atas permukaan air sekitar setiap 15 menit sekali untuk menghirup udara. Walaupun demikian, Lungfish merupakan ikan tipe bawah yang cenderung lebih sering menghabiskan waktu di bagian dasar akuarium/tangki.


Meskipun harganya agak mahal, ikan predator ini memiliki ketahanan yang kuat dan jarang mati, sehingga nilainya sebanding dengan biayanya.


Berdasarkan beberapa pengamatan ilmiah, Lungfish dapat bertahan hidup tanpa mengonsumsi makanan selama 3 tahun dan mampu selamat di musim kemarau tanpa adanya sumber air.


Jika kamu ingin merawat Lungfish, disarankan untuk menghindari ikan bawah lainnya guna menghindari kemungkinan masalah yang tidak diinginkan. Karena Lungfish memiliki sifat yang kasar dan bahkan bisa menjadi pembunuh.


Sebagai contoh, kamu tidak dapat memasangkan Lungfish dengan ikan Pari atau bahkan Catfish. Jika kamu pernah melihat hobiis yang mencampurkan Lungfish dengan ikan jenis lain yang berada di bagian bawah, sebenarnya hal tersebut dapat menimbulkan risiko yang cukup besar.


Namun, pilihan tetap ada pada kamu, apakah kamu ingin mengambil risiko yang mungkin timbul dari Lungfish atau tidak. Selain itu, terdapat tiga jenis Lungfish yaitu African, Australian, dan American. Lungfish tetap menarik untuk dipelihara karena jarang terdapat ikan lain yang menggunakan paru-paru untuk bernafas.


3. Pari

Ikan Predator Air Tawar Tipe Bawah

Ikan Pari masih dianggap sebagai salah satu ikan predator yang unik di air tawar dan banyak orang masih tertarik akan keberadaannya, mungkin termasuk kamu?


Alasan ikan Pari dianggap sebagai predator tipe bawah yang paling indah dari kelima ikan tipe bawah lainnya adalah karena kecantikannya. Ikan Pari dianggap sebagai ikan air laut karena motifnya yang indah dan menarik, meskipun sebenarnya tidak semuanya hidup di laut.


Tentu saja, memiliki ikan Pari di antara masyarakat umum dapat menjadi sesuatu yang membuat bangga dan bisa ditunjukkan kepada orang lain. Berita baiknya adalah bahwa ikan Pari dapat ditempatkan bersama dengan ikan lain dalam tangki (asalkan ikan Pari tersebut tidak bersikap buruk).


Ada berbagai jenis ikan pari yang dapat dipelihara, mulai dari yang berbagai motif seperti Motoro, Scobina, Ocellata, hingga jenis termahal yaitu Leopoldi. Jenis-jenis ini menawarkan variasi yang sangat banyak bagi para penggemar ikan pari. Atau barangkali ada yang tidak memiliki tujuan seperti Himantura signifer.


Masalah makanan ikan peliharaan ini tidak perlu dikhawatirkan. Pilihan pemberian makanan untuk ikan Pari meliputi cacing beku, udang, atau ulat. Pari juga memiliki kecenderungan untuk dapat mengonsumsi berbagai jenis makanan.


4. Belut

Ikan Predator Air Tawar Tipe Bawah

Belut sering disebut sebagai ikan yang bisa dimakan, tetapi sebenarnya ada beberapa spesies Belut yang lebih cocok sebagai ikan hias. Jadi jangan salah paham tentang Belut ini. Belut memiliki beragam pilihan makanan yang mencakup ikan kecil, udang, cacing beku, dan juga insekta. Makanan belut sangat fleksibel dan bervariasi.


Bagi para pecinta jenis Belut hias, jangan ragu untuk memeliharanya karena ikan ini sangat cocok sebagai pemakan sisa makanan di dalam tank atau akuarium.


Beberapa varietas belut yang populer meliputi belut api, Tire Track Eeel, atau mungkin Tiger Eel. Tidak diragukan lagi, varietas Belut tersebut memiliki pola yang menarik sehingga menjadikannya ikan hias yang menarik dan juga dapat membantu ikan pemangsa membersihkan sisa makanan.


5. Catfish

Ikan Predator Air Tawar Tipe Bawah

Ikan lele atau catfish sangat terjangkau secara ekonomis dan ramah di kantong. Dikarenakan sebagian besar varietas Catfish memiliki harga yang terjangkau, seperti Redtail Catfish atau Tiger Shovelnose Catfish yang sudah banyak direproduksi secara massal, maka hal tersebut membuat harga mereka menjadi lebih terjangkau.


Bagi mereka yang memiliki kelebihan budget, mereka dapat membeli ikan Catfish seperti Vulture Catfish dan Tigrinus Catfish.


Harga bukanlah persoalan utama, ikan predator tipe bawah juga bermanfaat untuk membersihkan sisa-sisa pakan yang tersisa. Memiliki ikan tipe bawah sangatlah berguna, sehingga kamu tidak perlu cemas tentang bagaimana cara membersihkan tank jika terdapat sisa makanan.


Silakan pilih jenis Catfish yang ingin kamu miliki dan pastikan untuk menyesuaikannya dengan budget yang tersedia.


6. Arcipenser

Ikan Predator Air Tawar Tipe Bawah

Seringkali orang juga merujuknya sebagai Sturgeon. Ikan ini dapat disertakan dalam daftar favorit kamu jika kamu ingin memiliki ikan pemangsa yang aktif berenang. Ikan Arcipenser memang senang bergerak dan aktif berenang di seluruh bagian akuarium/tank, tetapi mereka dominan di area dasar.


Ikan Arcipenser, yang telah ada sejak sekitar 208-245 juta tahun yang lalu, sangat disukai karena keaktifannya dan bentuk tubuh prasejarahnya. Ikan ini memiliki banyak penggemar karena keaktifan-nya dan bentuk tubuhnya yang khas.


Perlu diketahui bahwa terdapat sekitar 27 spesies Sturgeon yang ada di seluruh dunia. Ikan ini tersebar luas di bagian subartik Eurasia dan Amerika Utara. Mereka merupakan pemangsa yang mendiami bagian bawah perairan dan membutuhkan lingkungan air yang dingin dan sejuk.


Banyak pemilik mencari solusi untuk pendinginan dengan menghemat biaya, mulai dari menggunakan chiller yang mahal hingga hanya menggunakan kipas pendingin.


Arcipenser bukanlah jenis ikan biasa, karena harganya cenderung mahal bagi kebanyakan orang. Tetapi tak ada masalahnya jika kamu mengunakan ikan ini untuk mempercantik bagian bawah akuarium kamu.


Ada 5+ jenis ikan predator air tawar bawah yang menjadi favorit di kalangan penggemar ikan. Harap berhati-hati saat memasukkan berbagai jenis ikan predator ke dalam akuarium yang sama karena hal itu dapat memiliki konsekuensi yang sangat berbahaya. Mungkin itu adalah persaingan untuk mendapatkan makanan atau bahkan saling memakan satu sama lain.


Semoga kamu terinspirasi dan mendapatkan manfaat dari daftar 5+ ikan predator air tawar yang populer di bagian dasar.