BENPARK - Apakah kamu pernah merawat kura-kura? Kali ini, kita akan membicarakan kura-kura yang unik, yaitu kura-kura dengan cangkang gepeng. Kura-kura yang dimaksud adalah spesies kura-kura yang dikenal sebagai kura-kura Pancake.

Kura-kura Pancake

Dalam Bahasa Inggris, Kura-kura Pancake di sebut dengan nama African Tortoise. Reptil ini memiliki ciri khas berupa cangkang atau tempurung yang gepeng. Karena alasan itu, banyak pecinta kura-kura yang mencarinya.


Klasifikasi Ilmiah


Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Subfilum : Vertebrata
Kelas : Reptilia
Ordo : Testudines
Subordo : Cryptodira
Famili : Testudinidae
Genus : Malacochersus
Spesies : M. tornieri
Nama Latin/Ilmiah : Malacochersus tornieri


Bentuk Fisik

Kura-kura Pancake

Bentuk aslinya adalah datar dan terlihat seperti terinjak atau diratakan. Ada kemungkinan sebagian orang bertanya-tanya, kenapa disebut sebagai "Pancake Turtle". Hal ini dikarenakan inspirasi nama tersebut berasal dari bentuk cangkangnya yang gepeng. Kura-kura pancake adalah satu-satunya spesies yang berasal dari genus Malacochersus.


Secara bentuknya, kura-kura ini memiliki tubuh yang sangat ramping dan mendatar secara fisik. Kelebihannya begitu fleksibel dengan panjang yang hanya sekitar 17 cm. Pada bagian kerangkanya, kura-kura Malacochersus memiliki cangkang yang sangat kuat dan kokoh.


Kura-kura ini memiliki gerakan yang lincah dan ringan karena tubuhnya memiliki bobot yang cukup rendah, itulah sebabnya. Bagian luar cangkang memiliki warna cokelat dengan garis-garis gelap yang berjalan sepanjang setiap pelat pada tubuhnya.


Tujuannya adalah melindungi diri dan membantu menyembunyikan diri saat berada di area semak dan daerah kering agar tidak menjadi mangsa bagi spesies atau hewan lain.


Kura-kura Pancake memiliki cangkang bagian bawah yang berwarna kuning pucat dengan lapisan cokelat yang sedikit lebih gelap. Namun yang menariknya, di sana juga terlihat cahaya kuning yang terang dan segar. Bagian kepala, ekor, dan kaki memiliki warna yang tercampur antara kuning dan cokelat.


Oleh karena itu, kura-kura yang memiliki ciri khas yang unik dengan cangkang yang sangat gepeng di bagian atasnya, menjadi buruan banyak kolektor sebagai koleksi atau hewan peliharaan. Apakah kamu juga merasa tertarik?


Penyebaran wilayah


Kura-kura Pancake dapat ditemukan di bagian Selatan Afrika, seperti di Kenya dan Tanzania. Kura-kura ini juga dapat ditemukan di Zimbabwe.


Makanan

Kura-kura Pancake

Makanan utama Kura-kura Pancake bisa dikatakan hampir sama dengan kura-kura pada umumnya. Kura-kura Pancake adalah jenis hewan pemakan tumbuhan yang menyukai untuk mengonsumsi rumput dan buah-buahan di lingkungan alaminya.


Di tempat penangkaran, makanan yang diberikan cenderung lebih beragam. Contohnya seperti rumput kering, daun hijau, lobak, bunga krisan, dan lain sebagainya.


Habitat & Karakteristik

Kura-kura Pancake

Tempat tinggal dari kura-kura Pancake terletak di bawah batu-batu di kaki bukit. Namun, terdapat individu yang justru menikmati kehidupan di tanaman berduri di wilayah tandus, seperti di lingkungan kaktus.


Kura-kura African pancake juga terlihat di daerah semak belukar dan padang rumput dengan ketinggian mencapai 1800 meter di atas permukaan laut.


Mereka merasa sangat gembira tinggal di wilayah dengan batu-batu yang sangat kering atau di rumput di daerah dataran rendah. Kura-kura pancake juga menikmati kehidupan dalam kelompok di mana mereka berada bersama dengan banyak kura-kura lain yang serupa dengan mereka.


Sebagian besar kura-kura Pancake jantan akan segera mencari pasangan betinanya untuk dikawini. Mereka selalu berusaha bersaing untuk mendapatkan perhatian si betina, meskipun jumlahnya tidak sebanyak kura-kura jantan.


Temperamen

Kura-kura Pancake

Sifat kepribadian yang dimiliki oleh kura-kura Pancake adalah sangat tenang dan cocok bagi siapa saja yang ingin merawatnya. Semua orang, mulai dari orang dewasa sampai dengan anak-anak, dapat bermain dengan kura-kura Pancake tanpa perlu khawatir akan keselamatan mereka.


Jarang sekali terjadi bahwa kura-kura Pancake menunjukkan perilaku agresif terhadap manusia. Ketika dilihat, kura-kura ini terlihat sangat tenang. Jadi tak perlu cemas jika kamu (atau teman atau keluarga Anda) ingin berinteraksi dengan kura-kura ini.


Catatan khusus


Menurut informasi yang diambil dari IUCN Red List, kura-kura Pancake diklasifikasikan sebagai spesies yang rentan dan berisiko. Artinya, jumlah kura-kura Pancake di habitat alaminya masih dalam situasi yang rawan.