BENPARK - Ikan ini sangat istimewa karena bentuk tubuhnya berbeda dengan ikan kebanyakan. Namun perbedaannya terletak pada kepala yang menyerupai Gharial.

Longnose Gar

Gharial adalah jenis buaya yang memiliki hidung dan mulut yang panjang dan tipis. Dan karakteristik-karakteristik itu sama persis dengan Longnose gar. Ikan ini sangat diminati oleh para penggemar karena bentuknya yang tipis dan panjang memikat perhatian mereka.


Klasifikasi Ilmiah


Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Lepisosteiformes
Famili : Lepisosteidae
Genus : Lepisosteus
Spesies : L. osseus
Nama Latin/Ilmiah : Lepisosteus osseus


Bentuk Fisik

Longnose Gar

Longnose gar memiliki moncong yang terpanjang dari semua spesies gar. Keunikan Longnose gar terletak pada ciri khasnya yang unik.


Di mulut ikan Longnose Gar, terdapat sejumlah gigi yang mirip jarum-jarum dan sangat tajam. Bentuk fisiknya menyerupai silinder seperti kebanyakan spesies gar.


Seluruh bagian tubuhnya, kecuali bagian perut yang berwarna putih, dilapisi dengan warna keperakan atau kehijauan yang dihiasi dengan bintik-bintik hitam. Gar Longnose memiliki jumlah totol hitam yang lebih sedikit daripada Gar Spotted, tetapi lebih banyak daripada Gar Shortnose.


Ikan ini dapat mencapai panjang 2 meter dan memiliki bobot sekitar 4 kilogram saat dewasa. Meskipun demikian, jika dirawat hanya dapat mencapai panjang 60-90 cm saja.


Penyebaran wilayah


Ikan  dengan nama latin Lepisosteus osseus ini memiliki distribusi geografis yang sangat luas, terdapat di wilayah Amerika Utara termasuk negara-negara seperti Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat.


Terutama di Amerika, ikan ini menyebar luas dengan populasi terbesar terdapat di sepanjang sungai Mississippi dan juga Sungai Cahaba.


Makanan


Makanan pokok dari ikan Longnose gar adalah ikan hidup. Ikan ini akan merasa bahagia jika dipelihara bersama dengan berbagai jenis ikan seperti lele, komet, nila, dan lainnya.


Dengan syarat bahwa ikan itu masih sesuai dengan ukuran mulutnya. Ikan ini bahkan bersedia memakan ulat sejenis seperti ulat hongkong dan ulat jerman.


Habitat & Karakteristik

Longnose Gar

Habitat Longnose gar terdapat di berbagai tipe lingkungan air seperti sungai, anak sungai, danau, waduk, bendungan, dan kolam. Ikan Longnose gar juga sering terlihat di perairan payau, mungkin karena sedang mencari makan atau berkelana.


Walaupun mampu bertahan di beragam suhu air yang hampir sama, Longnose gar lebih suka pada suhu air yang lebih hangat. Dilihat dari struktur tubuhnya, ikan ini hidup di perairan yang dalam dan berarus lambat.


Ikan ini memiliki dua pilihan dalam pernapasannya, yaitu naik ke permukaan air untuk mengambil udara langsung atau bernapas di air menggunakan insang.


Karena merupakan anggota dari keluarga ikan gar, spesies ini masih dilengkapi dengan paru-paru yang primitif yang memungkinkannya untuk bernafas secara langsung di udara.


Temperamen

Longnose Gar

Karakter Longnose gar biasanya bersifat ramah dan tidak bersikap jahat terhadap ikan-ikan lain di dalam akuarium/tangki.


Apabila ikan itu terlalu kecil bagi Longnose gar, ia akan dianggap sebagai buruan. Namun, dalam hal tingkah laku, ikan ini bukanlah jenis ikan yang mengerjai ikan-ikan lain di dalam tangki mereka.


Catatan khusus


Dikutip dari Wikipedia, terdapat beberapa catatan istimewa mengenai Longnose gar. Meskipun tidak ada perlindungan khusus yang diberikan untuk ikan ini, beberapa negara telah mencatat bahwa ikan tersebut menghadapi risiko kepunahan, termasuk di Dakota selatan, Delaware, dan Pennsylvania.


Ikan ini berisiko punah jika tidak ada perlindungan yang lebih kuat, karena ikan ini ditangkap sebelum mencapai usia matang secara seksual, sekitar 6 tahun.