BENPARK - Ada banyak jenis ikan pemangsa yang sangat menarik. Salah satu contohnya adalah ikan Eastern Bottlenose Mormyrid. Banyak orang mengagumi ikan Mormyrid karena bentuknya yang menggemaskan dan lucu. Ikan ini memiliki banyak penggemar.

Eastern Bottlenose Mormyrid

Ikan Mormyrid dikenal dengan julukan Baby Dolphin. Sayangnya, pengetahuan para penggemar tentang ikan Mormyrid sangat terbatas karena kurangnya edukasi. Saat kita mencari di mesin pencari Google dengan istilah Baby Dolphin, yang tampil adalah seekor lumba-lumba muda yang tinggal di perairan laut. Jika ada, umumnya menggunakan bahasa Inggris dan hanya sedikit orang yang mengerti.


Klasifikasi Ilmiah


Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Osteoglossiformes
Famili : Mormyridae
Genus : Mormyrus
Spesies : M. longirostris
Nama Latin/Ilmiah : Mormyrus longirostris


Bentuk Fisik

Eastern Bottlenose Mormyrid

Ikan Mormyrid memiliki tubuh yang mirip dengan lumba-lumba, sehingga mereka sering disebut sebagai lumba-lumba air tawar. Ikan ini memiliki warna hitam yang merata di seluruh tubuhnya. Tidak ada bagian tubuhnya yang tidak berwarna hitam. Sirip punggung dua kali lebih besar daripada sirip ekor. Dorsal ikan penyu air tawar ini terletak lebih dekat dengan bagian ujung moncong daripada dengan sirip ekor. Lalu, bentuk mulut dan hidung yang menyerupai botol membuatnya diminati oleh para pecinta koleksi karena keimutannya serta keunikan yang menggemaskan.


Ikan Mormyrid memiliki kemampuan untuk menjadi besar dengan panjang maksimal mencapai 75 cm dan bisa mencapai berat hingga 10 kg. Benar sekali bahwa ikan tidak dapat tumbuh menjadi besar, apalagi menjadi raksasa. Sangat ideal jika kita tidak memiliki tank/akuarium yang besar, merawat ikan Mormyrid bisa menjadi pilihan yang sangat sesuai.


Penyebaran wilayah


Ikan Eastern Bottlenose Mormyrid sering terlihat di sungai-sungai di benua Afrika, termasuk di negara-negara seperti Guinea, Liberia, dan Sierra Leone.


Makanan

Eastern Bottlenose Mormyrid

Ikan Mormyrid secara umum memperoleh makanannya dari serangga dan tumbuh-tumbuhan liar. Namun terkadang juga ada ikan kecil, telur ikan, atau bahkan hewan invertebrata kecil lainnya. Mereka memanfaatkan alat listrik untuk melacak mangsa saat berburu. Selain untuk mencari makanan, bisa digunakan untuk melindungi diri dari bahaya yang mengancam.


Saat merawat ikan Mormyrid, makanan yang paling sesuai adalah cacing yang telah dibekukan. Selain mudah diurus, ikan Mormyrid juga bisa terkadang memakan cacing-cacingan di lingkungan alaminya.


Habitat & Karakteristik

Eastern Bottlenose Mormyrid

Ikan Mormyrid hidup di gua-gua dan daerah berlumpur dengan dasar yang lembut seperti pasir. Ikan dengan nama latin Mormyrus longirostris ini hidup dalam kelompok kecil di habitat alaminya. Ikan predator ini mudah merasa malu, jadi disarankan untuk menyediakan ornamen-ornamen di dalam tank sebagai tempat berlindung saat memeliharanya. Terdapat banyak jenis ornamen yang dapat digunakan untuk bersembunyi, seperti kayu bakau, pipa potong, atau ornamen gua.


Temperamen

Eastern Bottlenose Mormyrid

Ikan Mormyrid memiliki temperamen yang cenderung menenangkan bagi ikan-ikan lainnya. Namun yang mengejutkan adalah, justru terlibat pertengkaran dengan anggotanya sendiri. Ikan Eastern Bottlenose Mormyrid ini tidak cenderung berperilaku nakal terhadap ikan lainnya. Sebaiknya dalam satu akuarium, hanya merawat ikan Mormyrid saja. Ada beberapa penggemar yang memutuskan untuk mencampurkannya dalam satu tank atau akuarium, namun sebenarnya ini cukup berisiko.


Catatan khusus


Ikan Eastern Bottlenose Mormyrid diklasifikasikan sebagai spesies dengan tingkat perhatian rendah di dalam daftar merah IUCN karena seringnya penangkapan ikan ini di alam liar.