BENPARK - Saat ini sedang ramai dibicarakan tentang ikan Longfin Batfish. Ikan hias ini dapat hidup di laut, air payau, maupun air tawar karena memiliki kemampuan adaptasi yang baik.


Tidak hanya terkenal di kalangan pecinta ikan air tawar, Longfin Batfish ternyata juga populer di lingkungan pecinta ikan laut.

Longfin Batfish

Jika kamu belum memiliki ikan ini, itu tidak menjadi masalah. Dikarenakan keindahan dari Longfin Batfish, penting bagi kamu untuk memahami dengan seksama tentang karakteristiknya. Mari simak sampai akhir ya:


Klasifikasi Ilmiah


Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Perciformes
Subordo : Acanthuroidei
Famili : Ephippidae
Genus : Platax
Spesies : P. teira
Nama Latin/Ilmiah : Platax teira


Bentuk Fisik

Longfin Batfish

Longfin Batfish memiliki bentuk fisik yang unik dibandingkan dengan ikan pada umumnya. Dengan bagian ekornya yang lebih tinggi, ikan hias ini terlihat semakin menawan. Di bahagian kepala bahkan ada sesuatu yang menyerupai punuk.


Warna asal dari ikan Longfin Batfish sebenarnya adalah putih kemerahan. Namun, di bagian kepala dan bagian depan tubuhnya, Longfin Batfish memiliki garis tebal vertikal yang menarik perhatian.


Selain itu, warna hitam juga terdapat di sekitar siripnya. Disertai juga dengan warna keemasan pada bagian sirip dada. Semakin kita melihatnya, semakin mempesonakan Longfin Batfish terlihat di mata kita.


Longfin Batfish adalah jenis ikan yang dapat tumbuh dengan ukuran yang cukup besar. Bayangkanlah, ternyata Longfin Batfish dapat tumbuh hingga mencapai panjang sekitar 60-70 cm.


Penyebaran wilayah

Longfin Batfish

Longfin Batfish tersebar di perairan Australia dan India. Australia memiliki berbagai pemandangan, mulai dari pantai di bagian tengah Australia Barat hingga wilayah utara tropis negara dan New South Wales. Riwayatnya di India melibatkan lokasinya di Teluk Mannar.


Jika kamu merasa kurang jelas dengan penjelasan penyebaran wilayah di atas, kamu dapat memeriksanya sendiri di gambar penyebaran wilayah Longfin batfish. Jika suatu wilayah memiliki banyak populasi atau sering dijumpai di daerah yang sama, maka wilayah tersebut akan ditandai dengan warna merah yang menunjukkan tingkat kepadatan yang tinggi.


Sayangnya ketika Longfin Batfish mulai menyebar secara invasif di perairan sekitar pantai Mediterania Turki pada tahun 2006 dan di perairan sekitar negara Israel pada tahun 2010.


Makanan

Longfin Batfish

Menurut informasi dari Aquarium Domain, Longfin Batfish sebenarnya adalah ikan yang makan segala jenis makanan. Hal ini menandakan bahwa ikan ini dapat mengonsumsi baik daging maupun sayuran.


Longfin Batfish sangat menikmati memakan berbagai makanan, mulai dari hewan invertebrata kecil, alga laut, sampai plankton di lingkungannya yang asli. Ketika merawatnya, kamu dapat memberikannya makanan seperti pelet, potongan ikan, cacing beku, dan lain sebagainya.


Habitat & Karakteristik

Longfin Batfish

Habitat Longfin Batfish sangat luas. Ikan ini bisa ditemukan di perairan dangkal (sekitar 3 meter) maupun di perairan yang lebih dalam (sekitar 25 meter).


Ikan ini cenderung bertahan diam di tempat, namun sesekali melakukan pergerakan untuk mengeksplorasi area di sekitar tangki. Ikan ini cukup mampu menghidupkan akuarium kamu.


Temperamen

Longfin Batfish

Ikan Longfin Batfish memiliki sifat yang damai terhadap spesies ikan lainnya. Jadi tidak ada alasan untuk merasa cemas tentang ikan ini.


Menurut Wikipedia, Longfin Batfish adalah jenis ikan yang damai dan suka berkumpul dengan ikan spesies lain.


Catatan khusus


Sekarang tidak ada informasi resmi tentang jumlah populasi Longfin Batfish. Sumber-sumber seperti Wikipedia belum memiliki data ini karena penilaian dari IUCN masih belum dilakukan.