BENPARK - Bagi sebagian dari kamu yang saat ini atau pernah merawat ikan pari, pasti pernah terbersit di pikiranmu pertanyaan ini, apapun jenisnya. Apakah lebih baik untuk merawat ikan pari dengan atau tanpa substrat.


Sebelum kamu memutuskan mana yang lebih baik, penting untuk memahami keunggulan dari menggunakan substrat dan tanpa menggunakan substrat.


Memelihara ikan pari dengan substrat

Memelihara Ikan Pari Dengan atau Tanpa Substrat

Di lingkungan alam liar, ikan pari sangat menyukai lingkungan yang memiliki pasir atau substrat. Sebenarnya, ini memiliki tujuan khusus seperti melindungi ikan pari dari pemangsa atau digunakan untuk menyamar agar lebih mudah menangkap mangsa. Banyak orang percaya bahwa menggunakan substrat seperti pasir atau batu lembut dapat memberikan kenyamanan bagi ikan pari karena mirip dengan lingkungan aslinya. Itulah sebabnya mengapa orang banyak yang meyakini hal tersebut.


Sangat disayangkan bahwa banyak orang kurang memperhatikan pembentukan bakteri patogen anaerob yang dapat membuat ikan pari menjadi sangat rentan terhadap kematian. Tanpa menggunakan Undergravel Filter atau tindakan perawatan khusus, substrat yang dibiarkan tanpa perawatan akan menyebabkan penumpukan amonia terutama di pasir dalam jangka waktu yang cukup lama.


Selama waktu tersebut, amonia yang terakumulasi menjadi sumber makanan bagi bakteri anaerob (bakteri yang dapat bertahan hidup di lingkungan tanpa oksigen, dalam hal ini substrat). Semakin bertambahnya jumlah amonia yang terakumulasi di dalam substrat pasir akan semakin meningkatkan sumber makanan bagi bakteri anaerobik di dalamnya. Bakteri anaerob dalam jumlah yang sedikit tidak menimbulkan risiko yang signifikan bagi ikan.


Namun, bagaimana jika amonia terus mengendap secara terus-menerus di substrat pasir itu. Itu akan menyebabkan pertumbuhan bakteri anaerob yang semakin meningkat karena makanan mereka selalu tersedia, yaitu amonia. Ketika bakteri anaerob berkumpul dalam jumlah besar di substrat pasir, jika substrat pasir tersebut terganggu, bakteri anaerob tersebut akan tersebar ke segala arah.


Ketika ada banyak bakteri anaerob, tidak semuanya memiliki sifat yang menguntungkan, tetapi beberapa juga bisa bersifat patogen (berbahaya). Hal yang menjadi perhatian adalah, belum lagi sisa amonia yang masih ada di dalam pasir akan turut tersebar di dalam tangki. 


Ancaman dari bakteri patogen yang hidup tanpa oksigen dan kadar amonia yang tinggi, serta kecenderungan ikan pari untuk berada di bagian bawah/dasar tangki akan meningkatkan risiko terjadinya Sudden Death.


Mati mendadak adalah kejadian yang sangat menakutkan karena dalam waktu singkat, ikan bisa sekarat atau mati dengan cepat. Karena itulah Undergravel Filter dan perawatan khusus lainnya direkayasa untuk mencegah perkembangan bakteri patogen anaerob.


Memelihara ikan pari tanpa substrat 


Beberapa individu memelihara ikan pari dengan menggunakan substrat, sementara yang lain memilih untuk memeliharanya tanpa menggunakan substrat sama sekali. Tanpa dasar kebersihan dan keamanan, kontrol atas air menjadi lebih sulit. Banyak orang yang gemar memelihara ikan pari memilih untuk tidak menggunakan substrat karena selain memerlukan perawatan minimal, juga lebih aman.


Endapan dari kotoran ikan akan berubah menjadi amonia, namun tidak akan membahayakan karena akan diolah di tempat filtrasi sebelum mengendap.


Kamu memiliki pilihan antara menggunakan substrat atau tidak menggunakan substrat. Apakah kamu ingin menciptakan lingkungan yang nyaman bagi ikan Pari milik kamu. Gunakanlah bahan dasar seperti pasir sebagai substrat, namun pastikan untuk menyertakan Undergravel Filter dan melakukan pengurasan air dengan cara yang tepat (menghilangkan kotoran tanpa mengganggu pasir). 


Jika kamu sibuk dan lebih memilih untuk berhati-hati, maka lebih baik memelihara ikan Pari tanpa menggunakan substrat. Apakah kemungkinan kematian ikan Pari akan berkurang jika kita memeliharanya tanpa substrat.


Pasti setiap orang memiliki kemungkinan terkena risiko, akibat, dan kewajiban mereka sendiri. Kamu memiliki pilihan untuk memastikan bahwa ikan Pari-mu hidup dalam kondisi aman dan nyaman. Ini adalah pembahasan khusus mengenai penyaringan dalam perawatan ikan Pari. Semoga dapat memberikan manfaat dan dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan kamu secara menyeluruh.