BENPARK - Ikan Piranha merupakan ikan yang sangat terkenal. Ikan Piranha dikenal sebagai predator ganas yang sangat ditakuti oleh banyak orang. Mereka berburu ikan dengan gigi-gigi tajam mereka.


Piranha masih digemari oleh para pecinta ikan predator hingga saat ini. Walaupun harganya tidak terlalu murah dan biaya operasionalnya cukup menghabiskan uang, namun semua itu akan terasa sebanding saat melihat Piranha memakan mangsanya.


Jika kita membicarakan tentang penampilan fisik ikan Piranha, itu akan membuat kita teringat dengan beberapa ikan lain yang memiliki kemiripan dengan ikan Piranha. Ikan Bawal dan ikan Pacu adalah contoh ikan yang dapat disebutkan. Bentuknya yang bundar dan kemiripan ciri-ciri yang dimilikinya membuatnya kadang sulit untuk dibedakan oleh orang.

Pygocentrus VS Serrasalmus

Seringkali tidak mudah untuk membedakan ikan Piranha dengan ikan lain seperti ikan Bawal dan Pacu. Selain itu, apa yang membedakan ikan Piranha yang satu dengan yang lain. Apakah semakin membingungkan?


Ternyata, ada dua kelompok yang menyebabkan ikan Piranha terbagi menjadi dua jenis. Mungkin kita bisa mengatakan bahwa ada 2 kelompok spesies. Apa yang mereka itu. Serrasalmus dan Pygocentrus.


Selanjutnya, kita akan membahas secara rinci perbedaan antara keduanya. Ayo simaklah ulasan ini sampai akhir ya:


Pygocentrus

Pygocentrus VS Serrasalmus

Pygocentrus adalah jenis ikan Piranha yang sering dijadikan peliharaan oleh banyak individu. Melihat Pygocentrus bersama teman-temannya membuat kita terpesona selain karena harganya yang terjangkau. Apa karakteristik Pygocentrus yang khas?


Pygocentrus menyukai keberadaan dalam kelompok. Sebaiknya tidak disarankan untuk memelihara Pygocentrus sendirian, setidaknya peliharalah 10 ekor agar mereka bisa hidup dengan baik.


Karena mereka senang bergaul dalam kelompok, mereka cenderung menjadi sedikit penutup diri. Kamu dapat melengkapi dekorasi dengan merangkai tanaman air asli atau replika dari bahan plastik. Pasti tempat ini bisa menjadi tempat berlindungnya.


Gigi tajam dan rahang piranha Pygocentrus kurang kuat daripada Serrasalmus. Oleh sebab itu, mereka memerlukan untuk berburu dengan cara yang kolaboratif. Pygocentrus perlu saling melengkapi ketika berburu karena mereka tidak memiliki taring dan rahang gigi sekuat Serrasalmus.


Selanjutnya, Pygocentrus memiliki tubuh yang cenderung bulat secara fisik. Kadang-kadang orang bingung membedakan ikan ini dengan ikan Bawal karena bentuknya yang bulat.


Beberapa spesies dalam genus Piranha Pygocentrus meliputi Red-bellied Piranha (Pygocentrus nattereri), Blackspot Piranha (Pygocentrus cariba), Palometa Piranha (Pygocentrus palometa), dan Piraya Piranha (Pygocentrus piraya).


Serrasalmus

Pygocentrus VS Serrasalmus

Berikutnya yakni Serrasalmus. Ikan Piranha ini terkenal karena memiliki harga yang sangat tinggi. Beberapa orang menganggap bahwa harga Serrasalmus terasa cukup tinggi.


Ketika berbicara tentang Serrasalmus, kita dapat menggambarkannya sebagai petarung soliter, yang senang berjuang sendirian. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa Serrasalmus menjalani kehidupan yang sangat sendirian. Artinya, Serrasalmus harus mampu hidup sendiri, mencari makan sendiri, dan memburu mangsanya sendiri. Tidak ada yang memberikan pertolongan, Semua sendirian.


Saat bertemu, Serrasalmus bahkan dapat berakhir dengan saling mematikan satu sama lain. Saat Serrasalmus dan Pygocentrus bertemu, Pygocentrus akan pasti diserang dengan kejam oleh Serrasalmus.


Jadi, hindari memelihara Serrasalmus dalam satu wadah, bahkan jika yang dirawat adalah Serrasalmus yang sejenis. Karena risiko yang ada, dapat membahayakan satu sama lain yang bisa berujung pada kematian.


Serrasalmus merupakan jenis ikan Piranha yang berani dan gagah. Mereka telah terbiasa dengan keadaan sendiri, hal itu membuat mereka benar-benar kuat.


Bukan hanya itu saja, gigi dan rahang dari Serrasalmus lebih kuat daripada milik Pygocentrus. Dengan memiliki gigi tajam dan rahang yang kuat, mereka mampu berburu sendirian tanpa bantuan.


Serrasalmus memiliki bentuk tubuh yang oval, berbeda dari Pygocentrus. Dengan sekilas pandang, Serrasalmus tampaknya memiliki tubuh yang lebih ramping daripada Pygocentrus.


Beberapa spesies dalam genus Serrasalmus yang dikenal adalah Redeye Piranha (Serrasalmus rhombeus), Ruby-red Piranha (Serrasalmus sanchezi), Gibbus Piranha (Serrasalmus gibbus), Speckles Piranha (Serrasalmus spilopleura), dan Serrated Piranha (Serrasalmus serrulatus).


Kesimpulan


Sebenarnya, pertanyaan seputar kekerenan antara Pygocentrus dan Serrasalmus hanya dapat dijawab sesuai dengan selera pribadi masing-masing orang. Sebagian orang lebih memilih ikan Piranha yang hidup secara berkelompok, sementara yang lain lebih menyukai ikan Piranha soliter meskipun bentuk fisiknya terlihat lebih menakutkan.


Pentingnya memberikan pakan pada waktu yang tepat saat merawat ikan Piranha tidak dapat diragukan lagi. Jangan terlambat untuk makan. Ikan Piranha dari genus Pygocentrus, terutama, jika terlambat makan, bisa menyebabkan teman mereka menjadi korban.


Beginilah peraduan antara Pygocentrus melawan Serrasalmus. Semoga tulisan ini memberikan manfaat dan membantu memperluas pengetahuan kamu. Jadi, mana yang akan kamu pilih. Piranha Pygocentrus atau piranha Serrasalmus?