BENPARK - Pernah mendengar tentang African Helmeted Turtle? Atau mungkin kura-kura Subrufa? Kali ini, Admin akan membahas kura-kura yang unik ini, yang memiliki kemampuan untuk menunjukkan wajah seolah tersenyum, yang dikenal dengan nama African Helmeted Turtle. Sebelum mengeksplorasi lebih jauh tentang kura-kura ini, penting untuk diketahui bahwa kura-kura ini dikenal juga dengan beberapa nama lain seperti Marsh Terrapin, Crocodile Turtle, dan African Side-Necked Turtle.

African Helmeted Turtle

Klasifikasi Ilmiah


Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Reptilia
Ordo : Testudines
Ordo : Pleurodira
Famili : Pelomedusidae
Genus : Pelomedusa
Spesies : P. subrufa
Nama Latin/Ilmiah : Pelomedusa subrufa


Bentuk Fisik

African Helmeted Turtle

Ciri fisik dari African Helmeted Turtle mudah dikenali. Bentuknya sangat khas dan mudah dikenali. Kura-kura ini memiliki cangkang berwarna hitam atau coklat. Lalu, dengan bagian tubuh yang berwarna abu-abu dan plastron kura-kura berwarna kuning. Ada perbedaan dalam ciri-ciri fisik antara jantan dan betina.


Kura-kura jantan memiliki ekor yang lebih besar dan lebih tebal dibandingkan dengan yang betina. Kura-kura betina memiliki cangkang yang lebih besar daripada kura-kura jantan dan cangkangnya berwarna dari zaitun hingga hitam.


Bagian leher kura-kura dapat dilipat ke dalam cangkangnya, sehingga kura-kura dapat melindungi diri dari ancaman predator. Sesuatu yang membuat kura-kura ini menggemaskan adalah ekspresi mulutnya yang seperti tersenyum, kura-kura ini sangat ideal bagi siapa saja yang membutuhkan teman bermain.


Penyebaran wilayah


Penyebaran African Helmeted Turtle mencakup sebagian besar bagian benua Afrika. Dari ujung Semenanjung Cape hingga ke Sudan, serta dari wilayah Ghana hingga Cape Town, termasuk juga Madagaskar dan Yaman.


Makanan

African Helmeted Turtle

Makanan yang dikonsumsi oleh kura-kura terdiri dari ikan, udang-udangan, siput, serangga, dan cacing tanah. Rupanya, di balik penampilan menggemaskan African Helmeted Turtle, reptil ini mampu mengejutkan dengan memangsa burung merpati. Sulit menemukan cara bagaimana kura-kura berhasil menangkap burung merpati.


Salah satu hal yang menarik tentang African Helmeted Turtle adalah kebiasaannya berburu secara berkelompok lebih sering daripada jenis turtle lainnya. Bahkan dapat dikatakan sebagai satu-satunya jenis kura-kura yang berburu dalam kelompok. Ketika mencari makanan menjadi sulit, kura-kura ini akhirnya memilih untuk memakan bangkai sebagai menu makanannya. African Helmeted Turtle biasanya mencari sisa-sisa makanan buaya sebagai sumber makanannya.


Sifat kura-kura yang memakan serangga juga sangat membantu bagi hewan di sekitar mereka. Hewan-hewan besar seperti babi rimba, banteng Cape, kuda air, dan badak mendapat manfaat dari kehadiran African Helmeted Turtle. Kura-kura ini dapat menyingkirkan parasit dan juga mengusir lalat yang menghisap darah.


Sebenarnya tidak ada hubungan mutualisme simbiosis antara hewan besar tersebut dengan si kura-kura, namun diperkirakan bahwa hewan besar tersebut telah memperoleh pengetahuan dari pengalamannya di masa lampau untuk memanfaatkannya.


Dua fotografer yang dikenal sebagai Andy dan Michelle Leighty Jones berhasil mendokumentasikan peristiwa ini dalam sebuah publikasi yang berjudul Herpetological edisi September 2015.


Habitat & Karakteristik

African Helmeted Turtle

African Helmeted Turtle termasuk dalam kategori kura-kura semi-air, yang berarti kadang-kadang kura-kura ini tinggal di darat dan bergantian dengan menghabiskan waktu di air. Kura-kura ini hidup di lingkungan alam liar yang meliputi sungai, rawa-rawa, dan danau sebagai tempat tinggalnya.


African Helmeted Turtle sering ditemukan di daerah rendah sepanjang sungai. Secara otomatis, kura-kura ini tidak dapat dijumpai di wilayah dengan ketinggian yang lebih tinggi seperti pegunungan, hutan, atau bahkan gurun.


African Helmeted Turtle memiliki sifat yang menarik karena mereka sangat aktif bahkan ketika berada di dalam akuarium. Karakter seperti ini tentu sangat sesuai untuk menjadi teman bermain.


Temperamen

African Helmeted Turtle

Sikap African Helmeted Turtle sangat tenang ketika berinteraksi dengan manusia, bahkan ketika bersama anak-anak. Jangan merasa cemas jika anak kamu memegang kura-kura ini sendirian. Kura-kura ini cenderung pemalu, terutama ketika seseorang memegang African Helmeted Turtle, kepala kura-kura tersebut akan menarik masuk ke dalam cangkungnya.


Namun, ada baiknya untuk tidak menjadikan kura-kura ini sebagai tankmate ikan dalam akuarium, karena pada akhirnya ikan tersebut akan menjadi mangsanya. Pada bagian sebelumnya juga disebutkan bahwa kura-kura memiliki kemampuan untuk memakan mangsa yang lebih besar dari ukurannya, jadi pastikan untuk mempertimbangkannya dengan seksama.


Sesama kura-kura bisa menjadi tankmate, meskipun berasal dari spesies yang berbeda, dapat dianggap masih relatif aman.


Catatan khusus


Saat ini African Helmeted Turtle masuk ke dalam kategori "Leasts Concern" yang berarti risikonya rendah. Seperti yang kita ketahui, kategori spesies dengan tingkat risiko rendah adalah kategori yang diberikan oleh IUCN untuk spesies yang telah dievaluasi tetapi tidak termasuk dalam kategori lainnya.