BENPARK - Pada ulasan kali ini, kita akan mengupas tentang Silver Moonyfish, yaitu jenis ikan yang banyak diminati oleh para penggemar ikan di Indonesia. Walaupun Silver Moonyfish biasanya ditemukan di perairan asin, namun saat ini semakin banyak orang yang memeliharanya di lingkungan air tawar.

Silver Moonyfish

Ikan ini memiliki beberapa alias lain seperti Silver Moony, Butter Bream, dan Diamondfish. Silver Moonyfish memiliki bentuk yang unik mirip segitiga yang menggemaskan. Hal ini menjadi ciri khas dari keunikan ikan ini.


Klasifikasi Ilmiah


Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Perciformes
Famili : Monodactylidae
Genus : Monodactylus
Spesies : M. argenteus
Nama Latin/Ilmiah : Monodactylus argenteus


Bentuk Fisik

Silver Moonyfish

Silver Moonyfish memiliki bentuk fisik yang mudah dikenali karena badannya berbentuk segitiga yang khas. Badannya memiliki warna perak, sedangkan sirip bagian atas hingga ekornya berwarna kuning. Sirip bagian bawah Silver Moonyfish berwarna hitam sebagai pelengkap. Juga terdapat dua hingga tiga garis lurus yang melintasi area sekitar mata ikan ini.


Perlu diperhatikan bahwa ikan ini adalah ikan yang tidak mampu tumbuh sangat besar. Ikan Moonyfish Silver memiliki batasan panjang maksimum hingga 27 cm.


Penyebaran wilayah


Silver Moonyfish menyebar ke berbagai daerah. Ikan ini dapat ditemukan di Laut Merah, di sepanjang pantai Australia, Afrika Timur, serta di semua Asia Tenggara.


Makanan

Silver Moonyfish

Ikan Silver Moonyfish adalah jenis ikan omnivora yang dapat mengkonsumsi baik ikan maupun tumbuhan sebagai makanan. Artinya, ikan ini mampu memakan berbagai jenis makanan. Di habitat alaminya, Silver Moonyfish menyukai mengonsumsi beraneka ragam tumbuhan serta kadang-kadang juga memakan serangga.


Ketika merawat Silver Moonyfish, kamu dapat memberikannya makanan seperti pelet, cacing beku, ikan kecil, potongan udang, dan berbagai jenis sayuran seperti bayam atau kacang hijau. Jangan cemas, umumnya ikan ini akan makan dengan begitu rakus sehingga kamu pasti akan terpesona oleh cara ikan ini makan.


Habitat & Karakteristik

Silver Moonyfish

Habitat dari ikan ini adalah di perairan payau dan juga perairan yang mengandung garam, di mana ikan ini dapat berkembangbiak dan berenang dengan bebas. Disarankan untuk menjaga ikan ini di akuarium yang besar agar mereka dapat berenang dengan bebas.


Boleh jadi kamu ingin memasukkan beberapa potongan akar atau potongan kayu ke dalam akuarium untuk menambah hiasan. Jangan lupa, tambahkan substrat seperti pasir halus atau kerikil agar Silver Moonyfish terlihat lebih menarik dan estetis.


Sifat dari Silver Moonyfish adalah bahwa mereka cenderung untuk hidup dalam kelompok. Sebaiknya ikan ini dipelihara secara berkelompok agar dapat tumbuh dengan baik. Tidak perlu ada terlalu banyak ikan dalam sebuah tangki, setidaknya minimal harus ada 5 ekor Silver Moonyfish di dalamnya.


Temperamen

Silver Moonyfish

Sifat Silver Moonyfish adalah sangat tenang ketika dikombinasikan dengan berbagai jenis ikan lainnya. Ikan ini tidak memiliki sifat agresif. Lebih baik untuk memelihara ikan ini secara kolektif daripada secara individu.


Catatan khusus


Sekarang belum ada informasi spesifik tentang jumlah populasi dari beberapa sumber termasuk Wikipedia karena IUCN belum mengevaluasi Silver Moonyfish.