BENPARK - Apakah kamu yang pernah mendengar tentang Northern Pike, yang juga dikenal sebagai Esox lucius, Pike, Jackfish, atau Pickerel. Ikan pemangsa ini benar-benar mengesankan dan memiliki penampilan yang sangat menakjubkan. Meskipun tidak begitu diminati oleh masyarakat umum, ikan ini tetap diminati oleh berbagai penggemar termasuk kolektor dan pecinta ikan hias.

Northern Pike

Klasifikasi Ilmiah


Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Esociformes
Famili : Esocidae
Genus : Esox
Spesies : E. lucius
Nama Latin/Ilmiah : Esox lucius


Bentuk Fisik

Northern Pike

Fisik Northern Pike terlihat sangat menyeramkan dan tidak biasa. Ikan pemangsa ini memiliki tubuh yang mirip dengan ikan Salmon, tetapi yang menariknya adalah kepala ikan ini menyerupai ikan Arapaima. Ikan bertubuh panjang berwarna hijau dengan perut berbayangan kuning hingga putih ini dikenal dengan nama ilmiah Esox lucius. Kemudian, pada seluruh badannya terdapat titik-titik cemerlang yang menjadikan penampilan ikan ini semakin menawan.


Yang menarik dari Northern Pike ini adalah bahwa bagian bawah separuh insangnya tidak dilindungi oleh sisik. Tahukah kamu? bahwa Northern Pike memiliki pori besar yang berfungsi sebagai sensor di bagian kepala dan juga di bagian bawah rahang bawahnya.


Di lingkungan alaminya, Northern Pike bisa tumbuh hingga mencapai ukuran 55 cm dengan bobot mencapai 28,4 kilogram. Di lingkungan alaminya di daerah bumi utara, Northern Pike pernah ditemukan dalam ukuran terbesar, mencapai panjang 150 cm.


Penyebaran wilayah


Ikan yang dikenal dengan nama latin Esox lucius ini dapat ditemukan di perairan di belahan bumi utara. Wilayah yang dimaksud mencakup benua Amerika, Eropa, dan negara Rusia. Apabila diamati, Northern Pike memiliki jangkauan wilayah yang luas sebagai ikan pemangsa.


Makanan

Northern Pike

Saat masih muda, Northern Pike biasanya memakan invertebrata kecil seperti daphnia. Setelah itu, Northern Pike yang semakin besar akan berburu ikan-ikan kecil untuk dimangsanya. Ketika Northern Pike tumbuh dewasa, makanannya menjadi bervariasi, termasuk mencakup kodok, serangga, lintah, burung, Northern Pike kecil, dan bahkan mamalia kecil. Northern Pike merupakan seekor predator yang cenderung hidup sendiri (disebut juga sebagai single fighter).


Dikutip dari Wikipedia, metode berburu Northern Pike sangat istimewa karena ikan ini memiliki perilaku berburu yang unik. Ikan ini akan tetap tenang di dalam air dengan mengayunkan sirip-sirip punggung dan dadanya. Northern Pike menyerang mangsanya dengan melengkung dan menabrakkan tubuhnya ke arah mangsa. Mereka mengandalkan sirip ekor, sirip punggung, sirip dubur, dan tubuh mereka yang menyerupai roket besar. Setelah itu, Northern Pike menikmati buruannya.


Namun jika mangsanya adalah burung atau mamalia kecil, ikan Northern Pike harus menenggelamkan mangsanya terlebih dahulu untuk membuatnya kehilangan nafas. Sesudah mangsa yang berupa burung dan mamalia kecil tersebut tidak bisa berkutik lagi , maka barulah Northern Pike bisa memakan mangsa buruannya.


Habitat & Karakteristik

Northern Pike

Habitat Northern Pike dapat ditemukan di perairan sungai dengan tingkat salinitas rendah, beriklim subtropis yang secara otomatis merupakan daerah yang sangat dingin, lembap, dan dangkal. Suhu yang tepat untuk mempertahankan Northern Pike adalah antara 10 hingga 28 derajat Celsius.


Saat merawat Northern Pike, pastikan air yang digunakan untuk ikan ini memiliki suhu yang rendah. Patokan keamanan terbaik adalah air di kota seperti Malang dan Bandung. Jika budget kamu lebih besar, kamu dapat membeli Chiller (sedikit menguras kantong) atau kamu dapat menggunakan Fan Cooler sebagai alternatif. Hindari memberikan es batu secara berlebihan kepada ikan Northern Pike, berikan hanya ketika suhu udara memang sedang panas dan suhu air telah mencapai 30 derajat Celsius atau lebih.


Temperamen

Northern Pike

Northern Pike memiliki sifat agresif yang lebih tinggi daripada kebanyakan ikan predator lainnya. Terutama bila kamu tidak sering, lalai, atau terlambat memberikan makanan. Oleh karena itu, perlu bersiap-siap karena ikan tankmate dari Northern Pike akan menjadi mangsanya.


Penting untuk diingat mengenai tankmate, pastikan ukurannya tidak terlalu kecil terutama jika akan dimasukkan ke dalam mulut Norther Pike. Untuk memastikan keseimbangan tubuhnya, sebaiknya pilih ukuran tankmate yang sedikit lebih besar dari Northern Pike.


Catatan khusus


IUCN telah melabeli status "Least Concern" untuk Northern Pike terkait jumlahnya di lingkungan alaminya. Ikan ini memang sangat diminati dan populer saat memancing, namun agar populasi Northern Pike di alam liar tetap terjaga, mari kita praktikkan metode Catch and Release. Pancinglah, perolehlah, kemudian bebaskan lagi. Jadi tolong jangan bawa pulang, apalagi diburu secara membabi buta.