BENPARK - Siamese Tigerfish merupakan salah satu jenis ikan pemangsa yang mempesona dan juga ganas. Penampilannya yang memikat sungguh menarik perhatian para penggemar ikan predator. Ikan ini juga dikenal dengan sebutan Siamese Datnioid/Datz.

Siamese Tigerfish

Ikan ini telah lama dikenal sebagai ikan harimau karena motifnya yang mirip dengan harimau. Selama beberapa dekade terakhir, Siamese Tigerfish telah menjadi populer di kalangan hobiis dan pecinta ikan predator di Indonesia sebagai spesies ikan predator yang sangat dicari. Tidak hanya dijual di pasar domestik Indonesia, bahkan sejumlah perusahaan menjual ikan ini ke pasar internasional.


Klasifikasi Ilmiah


Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Perciformes
Famili : Datnioididae
Genus : Datnioides
Spesies : D. pulcher
Nama Latin/Ilmiah : Datnioides pulcher


Bentuk Fisik

Siamese Tigerfish

Siamese Tigerfish memiliki pola garis vertikal kuning dan hitam yang menyebar dari ujung kepala hingga ekor mereka. Banyaknya garis bervariasi tergantung dari daerah asalnya. Kemudian di bagian punggungnya, terdapat sirip dorsal yang memiliki tampilan seperti duri-duri yang menambah daya tarik ikan ini. Siamese Tigerfish bisa mencapai ukuran 45-61 cm saat dewasa.


Penyebaran wilayah


Siamese Tigerfish merupakan ikan asli Chao Phraya, Mae Klong, dan Mekong.


Makanan

Siamese Tigerfish

Di habitat alaminya, Siamese Tigerfish secara biasa memakan ikan-ikan kecil sebagai makanan utama mereka. Namun pada beberapa kesempatan, ikan ini umumnya memilih udang kecil, kepiting, ulat, dan larva serangga sebagai pilihan makanannya. Ketika dijaga di akuarium, para penggemar sering memberi makanan Siamese Tigerfish dengan ikan kecil. Kadang-kadang agar tidak jenuh, para pecinta hewan peliharaan memberikan makanan berupa potongan udang, ulat, atau serangga seperti jangkrik.


Habitat & Karakteristik

Siamese Tigerfish

Siamese Tigerfish biasanya ditemukan di lingkungan perairan yang luas seperti waduk, danau, dan sungai. Biasanya, ikan ini berada di tengah-tengah rumpun pohon dan akar yang terendam. Dikutip dari beberapa sumber, Siamese Tigerfish merasa lebih baik di air dengan tingkat pH antara 7,6 hingga 8,0. Setelah itu, suhu airnya berkisar antara 22 hingga 26 derajat Celcius. Apakah kamu dapat menentukan sendiri apakah pH dan suhu air sudah sesuai dan optimal untuk Siamese Tigerfish jika kamu ingin merawat ikan ini?


Temperamen

Siamese Tigerfish

Karakter dari Siamese Tigerfish cenderung agresif secara terbatas. Maknanya kadang-kadang bisa positif dan juga agresif terhadap tankmate-nya di dalam akuarium. Kamu harus berhati-hati saat menempatkan ikan predator lain dalam satu wadah yang sama. Terutama mengenai ketersediaan pakan, hal ini juga harus diperhatikan dan tidak boleh diabaikan oleh kamu. Jika kebutuhan makan atau jumlah porsi yang diberikan terlambat, Siamese Tigerfish bisa menjadi agresif dan menyerang ikan tankmate-nya yang lebih lemah saat lapar.


Catatan khusus


IUCN telah menetapkan Siamese Tigerfish sebagai spesies yang "Critically Endangered", menunjukkan bahwa ikan ini berada di level yang sangat terancam punah. Kita perlu menjaga keberlangsungan alam liar, terutama di Indonesia, tempat kita berasal.