BENPARK - African Tiger Fish adalah salah satu dari banyak spesies ikan pemangsa eksotis yang tersebar di pasar Indonesia. Ikan macan air tawar ini termasuk dalam kategori predator tingkat atas karena selain agresif, harganya juga cukup mahal.


Ikan ini juga dikenal dengan beberapa nama lain seperti Hydrocynus Vittatus, Vittatus Tiger Fish, Tiervis, dan Ngwesh. African Tiger Fish adalah jenis ikan yang memakan ikan lain. Ikan ini termasuk dalam golongan pemakan ikan. Banyak orang menyukai ikan ini karena bentuk tubuhnya yang menarik dan cara makanannya yang menghibur mata.


Klasifikasi Ilmiah


Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Characiformes
Famili : Alestidae
Genus : Hydrocynus
Spesies : H. vittatus
Nama Latin/Ilmiah : Hydrocynus vittatus


Bentuk Fisik

African Tiger Fish

Tampilan fisik dari Goliath Tiger Fish dan African Tiger Fish sungguh serupa. Perbedaannya hanya ada pada bentuk mulut African Tiger Fish yang tidak begitu menjorok ke depan seperti Goliath Tiger Fish. Perbedaan lainnya adalah bahwa African Tigerfish memiliki corak tutul di sepanjang tubuhnya. Ekornya memiliki warna merah yang lebih mencolok dibandingkan dengan Goliath Tiger Fish.


Di lingkungan alaminya, African Tiger Fish bisa mencapai panjang hingga 105 cm saat dewasa. Namun, jika kamu memelihara ikan ini di akuarium, panjangnya hanya sekitar 75 cm saja.


Penyebaran wilayah


African Tiger Fish tersebar luas di habitatnya. Ikan ini tersebar luas di benua Afrika dan wilayah sekitarnya, terutama dari Mesir hingga Afrika Selatan.


Makanan


Aneka makanan dari African Tiger Fish sangat beragam, termasuk ikan kecil, serangga, siput, udang, dan bahkan burung. Di perairan yang cantik di benua Afrika, sebagian burung migrasi terbang di dekat permukaan air.


Tidak disangka bahwa African Tiger Fish tiba-tiba melompat dari dalam air dan dengan cepat menangkap salah satu burung yang sedang terbang. Sangat tidak mungkin dan tidak masuk akal bagi ikan lain untuk melakukannya.


Ketika kamu merawat African Tigerfish, disarankan untuk memberikannya makan ikan hidup sebelum mereka terbiasa. Setelah terbiasa, kamu dapat memberinya makanan tidak hidup seperti potongan udang, serangga tidak hidup, atau daging. African Tiger Fish sebenarnya tidak terlalu sulit dalam hal makanan, tetapi memang memerlukan penyesuaian untuk makan makanan yang sudah mati.


Habitat & Karakteristik

African Tiger Fish

African Tiger Fish biasanya ditemukan di sungai dan danau yang sangat luas di Afrika, terutama di wilayah Tanganyika. Habitat alami mereka adalah perairan yang luas di Afrika, terutama di danau-danau dan sungai-sungai yang besar. Hewan tersebut sangat menikmati aliran air yang cepat dan agak keruh, mirip dengan saudara kandungnya, Goliath Tigerfish.


Ikan dengan nama ilmiah Hydrocynus vittatus cenderung lebih suka tinggal diam atau tetap di satu tempat saat dipelihara di dalam akuarium.


Temperamen


Sifat dari African Tiger Fish berbeda dari Goliath Tiger Fish yang memiliki kecenderungan agresif. African Tiger Fish sebenarnya cukup aman jika dicampur dengan jenis ikan predator lainnya. Ikan ini lebih tenang ketika dipelihara di dalam akuarium atau kolam.


Catatan khusus


African Tiger Fish diberi status "Least Concern" yang menunjukkan risiko rendah. Walau risikonya masih kecil, tetap penting bagi kita untuk saling mendukung dalam melindungi ikan macan di perairan tawar ini.