BENPARK - Mungkin hanya sebagian kecil orang yang memiliki pemahaman dan pengetahuan tentang ikan Lake Sturgeon. Ikan ini sering disebut oleh orang Indonesia sebagai Acipenser. Ikan Sturgeon yang dikenal luas dan lebih banyak ditemui di pasar Indonesia.

Lake Sturgeon

Ikan ini sering kali disebut dengan nama lain, bukan hanya Acipenser, tetapi juga Rock Sturgeon. Ikan ini dikenal sebagai spesies purba karena telah ada selama ratusan juta tahun, bahkan telah hidup bersama dinosaurus pada masa lalu. Lake Sturgeon memiliki umur yang panjang, ikan ini dapat bertahan hidup selama lebih dari 55 tahun.


Klasifikasi Ilmiah


Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Acipenseriformes
Famili : Acipenseridae
Genus : Acipenser
Spesies : A. fulvescens
Nama Latin/Ilmiah : Acipenser fulvescens


Bentuk Fisik

Lake Sturgeon

Fisik dari ikan Lake Sturgeon memiliki penampilan yang sangat khas dan sangat kuno. Tubuhnya mempunyai bentuk yang langsing dengan deretan bantal kulit yang menutupi tulang di sisi dan bagian belakangnya. Dengan cara ini, ikan Lake Sturgeon akan tampak seperti sebuah torpedo yang dilapisi baja.


Dikutip dari Wikipedia, Lake Sturgeon yang populer di Indonesia dapat tumbuh hingga 2,2 meter dengan bobot mencapai 108 kilogram. Ternyata ikan yang menjadi favorit di kalangan pecinta ikan predator Indonesia ternyata juga bisa berkembang dengan ukuran yang besar. Sungguh mengejutkan Di lingkungan aslinya, Lake Sturgeon sering ditemukan dalam ukuran yang sangat besar, bahkan melebihi tinggi manusia pada umumnya.


Penyebaran wilayah


Lake Sturgeon bisa ditemukan di perairan mulai dari Great Lakes di Amerika Utara, Teluk Hudson, Sungai Mississippi, serta di wilayah Kanada hingga Alabama. Ikan ini tersebar luas di wilayah Benua Amerika.


Makanan

Lake Sturgeon

Makanan utama dari ikan Sturgeon Danau adalah larva, serangga, siput, kerang, cacing (termasuk lintah), dan juga makhluk kecil lainnya (terutama Metazoan) yang hidup di dasar lumpur. Ikan prasejarah ini memiliki gigi tajam dan struktur tubuh yang mirip dengan kumis yang menggantung di sekitar mulutnya. Tujuannya adalah untuk membantu menemukan mangsa yang berada di wilayah di bawah, seperti tanah, pasir, atau lumpur.


Habitat & Karakteristik

Lake Sturgeon

Habitat Lake Sturgeon yakni di perairan yang dingin, namun banyak penggemar ikan predator di Indonesia memilih ikan ini untuk dipelihara di rumah meskipun habitat aslinya berbeda. Di habitat alaminya, ikan Sturgeon hidup hanya di perairan danau air tawar dan sungai dengan dasar lumpur, pasir, atau kerikil yang lembut. Ikan ini umumnya terdapat di kedalaman 20 meter.


Ikan ini adalah tipe "bottom cleaner" sehingga alamiah bagi mereka untuk bersirkulasi dan bergerak di sekitar dasar perairan.


Temperamen

Lake Sturgeon

Sikap dari Lake Sturgeon tidak berbahaya sama sekali, ikan ini sangat ramah dengan ikan lainnya. Selama tankmate-nya di dalam akuarium juga tidak agresif, ikan ini akan ideal untuk ditempatkan dalam satu tangki. Meskipun diklasifikasikan sebagai ikan predator yang aktif berenang, tidak ada bukti bahwa ikan tersebut memiliki sifat yang jahat atau nakal.


Catatan khusus


Dikutip dari IUCN, Lake Sturgeon telah diklasifikasikan sebagai "Vulnerable", yang menunjukkan bahwa populasi ikan ini rentan di habitat alaminya. Banyak kegiatan berburu liar dan kerusakan lingkungan yang merugikan bagi populasi Lake Sturgeon. Saat ini, ikan fosil yang memiliki kemampuan berenang telah dilindungi secara khusus.