BENPARK - Ikan yang bisa menyenangkan mata kita adalah ikan yang selalu bergerak aktif di dalam akuarium. Rupanya, selain ikan Arwana yang umumnya dikenal karena suka berputar-putar di sekitar akuarium atau tangki, masih ada banyak jenis ikan lain yang juga aktif.


Ikan predator tersebut tidak hanya memikat kita dengan cara ia menyerang dan memangsa ikan, tetapi juga dengan kecantikannya yang terlihat saat ia berenang di dalam akuarium yang sama seperti ikan Arwana.


Apa jenis ikan tersebut? BENPARK akan mengulas 5+ ikan predator air tawar yang senang berenang di dalam akuarium.


1. Giant Trevally

Ikan Predator Air Tawar

Ikan GT, dikenal juga dengan sebutan Giant Trevally, memiliki nama dalam bahasa ilmiah Charanx ignobilis. Ikan ini memiliki tubuh yang ganas dan sedikit menakutkan.


Jika kita merawatnya dengan baik, akan sangat mengasyikkan. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan oleh kebiasaan Giant Trevally yang doyan makan dan cepat serta aktif berenang.


Jika kita merawatnya dengan baik, ikan GT akan terus berenang tanpa henti baik di akuarium maupun kolam.


2. Giant Mekong Catfish

Ikan Predator Air Tawar

Giant Mekong Catfish sering disebut sebagai Gengkhis Khan (GK) karena kepalanya menyerupai tokoh Gengkhis Khan dari Mongolia.


Meskipun ikan dengan nama latin Pangasius sanitwongsei ini memiliki harga yang terjangkau, namun kualitasnya tetap dapat memikat penglihatan. Ikan ini sering disebut sebagai hiu air tawar karena memiliki tubuh yang dilengkapi dengan sirip yang panjang dan aerodinamis, menyerupai struktur tubuh hiu.


Selain memiliki tubuh yang mirip dengan hiu, karakternya juga serupa karena sering bergerak-gerak di sekitar akuarium yang akan membuat mata kita semakin dimanjakan. Sangat ideal bagi kita yang belum mampu memelihara hiu asli.


3. Golden Dorado

Ikan Predator Air Tawar

Kemudian ada Golden Dorado yang mirip dengan salmon. Perenang yang energetik nampaknya begitu terikat dengan ikan Golden Dorado. Jika kita ingin memelihara salmon, mungkin lebih ekonomis untuk memelihara Golden Dorado. Itu dapat menjadi pilihan yang lebih terjangkau secara finansial.


Bentuk dan ciri-ciri ikan tersebut sangat menyerupai ikan salmon. Banyak pemilik ikan Arwana bahkan memilih untuk menempatkan Golden Dorado sebagai tankmate-nya di dalam akuarium.


Ikan dengan nama latin Salminus brasiliensis ini dikenal sebagai ikan yang cocok untuk ditempatkan dalam tangki bersama ikan Arwana. Ikan ini sangat energik di dalam akuarium maupun kolam, jika tidak yakin, silakan tanyakan pada penggemar ikan yang memiliki jenis ini.


4. Apollo Shark

Ikan Predator Air Tawar

Ikan dengan nama latin Luciosoma sitigerum ini termasuk jenis ikan yang aktif dalam berenang. Apollo Shark adalah jenis ikan yang hidup di permukaan air dan memiliki karakteristik yang sangat mirip dengan ikan Arwana. Ikan ini hanya menginginkan makanan alami, seperti serangga atau ikan kecil sebagai pilihannya. Ikan ini tidak mau makan pakan olahan.


Apollo Shark mempunyai sirip dorsal dan anal yang sedikit miring ke belakang. Bentuk tubuhnya terlihat lebih panjang dan sedikit ramping di sisi dengan punggung yang tegak. Dia memiliki garis hitam yang melintang di bagian tengah badannya, menjangkau dari satu ujung tubuh ke ujung yang lain.


Apollo Shark tidak begitu dikenal karena ikan ini jarang terdapat di pasaran. Tidak ada masalah untuk menambahkan ke dalam daftar ikan predator yang menjadi targetmu.


5. Paddlefish

Ikan Predator Air Tawar

Ikan ini juga disebut dengan nama Polyodon Spatula. Ikan ini dikenal karena memiliki hidung yang menyerupai dayung panjang dan mirip dengan gergaji hiu.


Ikan purba yang sudah ada lebih dari 300 juta tahun yang lalu ini sangat menikmati berputar-putar di sekitar akuarium, meskipun sebenarnya mereka sedang mencari zooplankton sesuai dengan naluri alami mereka.


Ikan ini diminati oleh para penggemar karena memiliki ciri khas dayung yang unik dan menarik, serta merupakan perenang yang aktif yang bisa memikat mata pemiliknya.


6. Arcipenser

Ikan Predator Air Tawar

Ikan Arcipenser sering disebut dengan nama Sturgeon. Penampilannya yang seperti ikan zaman dahulu, dengan moncong panjang dan sisik berbentuk bintang di sisi tubuhnya serta sirip punggungnya membuatnya semakin menarik.


Seperti halnya Paddlefish, saudaranya, ikan ini juga sangat suka berenang-renang di sekitar akuarium.


Ikan yang berasal dari wilayah subartik Eurasia dan Amerika Utara ini sudah terkenal di kalangan masyarakat karena keaktifannya saat dipelihara di akuarium atau kolam. Jenis ikan ini mungkin menarik bagi kamu jika kamu tertarik memiliki ikan predator yang aktif dalam akuarium kamu.


7. Goliath Tigerfish

Ikan Predator Air Tawar

Ikan Goliath Tigerfish masuk dalam daftar berikutnya, spesies ini tidak hanya agresif tetapi juga dikenal sebagai perenang yang sangat aktif. Bentuk tubuhnya yang mirip dengan ikan Bandeng memang telah menjadi ciri khasnya.


Di tengah kerumunan ikan pemangsa di akuarium, ikan Hydrocynus goliath juga gemar berenang-berenang di sekitar akuarium.


Kantung udara di dalam tubuhnya berperan sebagai penerima suara yang membantu dalam mendeteksi kondisi di sekitarnya. Oleh karena itu, selain tetap bergerak, juga penting untuk tetap berhati-hati saat berenang.


Nah itulah 5+ Ikan Predator Air Tawar Yang Merupakan Perenang Aktif di Akuarium yang bisa menjadi referensi kamu untuk menambah koleksi ikan hias di akuarium milik kamu, semoga bermanfaat!