BENPARK - Kura-kura Mata Mata adalah jenis kura-kura yang sangat istimewa dan unik. Ciri khas yang menarik banyak orang untuk merawatnya adalah bentuk kepala segitiga dan tubuh yang menyerupai daun.

Kura-Kura Mata Mata

Klasifikasi Ilmiah


Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Reptilia
Ordo : Testudines
Famili : Chelidae
Subfamili : Chelinae
Genus : Chelus
Spesies : C. fimbriata
Nama Latin/Ilmiah : Chelus fimbriata


Bentuk Fisik

Kura-Kura Mata Mata

Dengan kepala yang memiliki bentuk segitiga dan melebar seperti daun, kura-kura ini memiliki penampilan yang unik dan menarik jika dibandingkan dengan jenis kura-kura lainnya. Tempurung yang sedikit melengkung menyerupai daun membantu mereka dalam menyembunyikan diri saat mencari mangsa. Dia memiliki moncong tipis di bagian atas kepala, yang berguna untuk membantu pernafasannya secara langsung di udara. Dari penampilan lehernya, terlihat sedikit melebar dan cenderung untuk ditekuk saat kura-kura Mata Mata sedang memburu mangsa.


Kura-kura Mata Mata memiliki kemampuan untuk bertumbuh hingga mencapai panjang 45 cm dan memiliki berat mencapai 15 kg. Warna pada mata kura-kura Mata Mata sangat bervariasi. Beberapa memiliki nuansa abu-abu, kopi, putih krem, emas, dan hitam. Biasanya, warna kura-kura Mata Mata juga bervariasi sesuai dengan habitatnya.


Penyebaran wilayah


Penyebaran kura-kura Mata Mata meliputi wilayah utara Bolivia, timur Peru, timur Ekuador, timur Kolombia, Venezuela, Guiana, serta bagian utara dan tengah Brasil. Wilayahnya memang meliputi area yang cukup besar di wilayah Amerika Latin.


Makanan

Kura-Kura Mata Mata

Mata Mata ialah jenis kura-kura yang memakan daging. Makanan utama dari kura-kura Mata Mata terdiri dari ikan dan hewan tanpa tulang belakang. Mata Mata sangat gembira dengan hidangan utamanya yang terdiri dari ikan kecil. Jika kamu ingin merawatnya, maka kamu sebaiknya mempertimbangkan hal-hal yang berkaitan dengan makanan. Karena Mata mata hanya tertarik pada makanan berupa ikan kecil dan hewan tak bertulang belakang, bukan pelet atau butiran.


Penting untuk diingat bahwa kura-kura Mata Mata tidak mampu mengonsumsi ikan yang lebih besar dari ukuran mulutnya, karena ini akan menyulitkan mereka dalam menelan mangsanya, terutama jika ikan tersebut memiliki sirip tajam seperti ikan nila. Lebih bijak untuk tidak mengambil risiko, karena kura-kura Mata Mata dapat mengalami tersedak jika dipaksa melakukan hal tersebut.


Dalam hal berburu, kura-kura Mata Mata adalah predator yang terampil menyergap mangsanya tanpa diketahui. Penyebutan Mata Mata sebagai nama untuk kura-kura ini berasal dari kebiasaannya untuk bersembunyi menyerupai daun, sebelum secara tiba-tiba menyerang mangsanya dan menarik mereka ke dalam air. Karena tidak ada peluang bagi mangsa, begitu mangsa mendekat, dia akan segera dihisap dengan cepat.


Habitat & Karakteristik

Kura-Kura Mata Mata

Kura-kura dengan nama latin Chelus fimbriata ini mendiami sungai dengan aliran air yang lambat dan keruh, serta kolam yang tidak mengalir dan rawa-rawa. Sifat dari kura kura ini adalah mengeksplorasi wilayah tangki dengan hati-hati dan menyerang mangsa dengan perlahan-lahan. Ketika merawat kura-kura, penting untuk memastikan bahwa tank-nya tidak terlalu berarus dan tinggi airnya cukup agar kura-kura mudah bernapas di permukaan air.


Temperamen


Kura kura Mata Mata memiliki sifat yang tidak nakal ataupun jahat. Mereka sangat cocok untuk disandingkan dengan berbagai jenis kura-kura, bahkan dengan ikan. Tetapi asalkan ikan tersebut tidak muat di mulut Mata Mata. Kura-kura ini juga cocok untuk dimainkan bersama anak kecil karena cara makan mereka tidak melibatkan merobek atau mengoyak mangsa, melainkan hanya menyedotnya. Kura-kura ini dijamin tidak memiliki gigi yang tajam atau rahang yang berbahaya jika bertemu dengan jari manusia.


Catatan khusus


Kura-kura Mata Mata ditempatkan dalam kategori Leasts Concern dalam daftar merah IUCN, yang menunjukkan bahwa kura-kura ini sedikit terancam dan perlu dipantau dengan hati-hati untuk mencegah kepunahan di lingkungan aslinya.