BENPARK - Salah satu ikan yang paling dinanti untuk dibahas adalah Red Belly Piranha, atau dikenal juga dengan nama Piranha Perut Merah. Ikan Piranha sangat diminati oleh para penggemarnya, mayoritas penghobi ikan Piranha memilih untuk memelihara jenis Red Bellied Piranha.


Berkaitan dengan asal usul kata "Piranha", apakah kamu sudah mengetahuinya? Ternyata, kata tersebut memiliki makna yang cukup mengerikan, yaitu "gigi-gigi yang tajam". Banyak orang mungkin merasa takut dan tidak percaya ketika mendengar tentang ikan Piranha karena reputasi keganasannya.

Red Bellied Piranha

Pada kenyataannya, ikan Piranha, terutama Red Bellied Piranha, tidaklah seberbahaya yang digambarkan dalam film-film Hollywood. Dari karya-karya film tersebut, ikan Piranha sering kali digambarkan sebagai makhluk yang kejam, menakutkan, dan tidak ramah.


Sungguhpun kamu menyadari bahwa banyak penggemar hewan peliharaan memiliki kebiasaan untuk merawat Red Bellied Piranha dengan santai, namun mereka tetap berani untuk memasukkan tangan mereka ke dalam akuarium yang dipenuhi oleh banyak ikan Piranha. Dan sungguh, tidak ada yang terjadi dan sebaliknya Red Bellied Piranha ini justru merasa takut.


Klasifikasi Ilmiah


Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Characiformes
Famili : Serrasalmidae
Genus : Pygocentrus
Spesies : P. nattereri
Nama Latin/Ilmiah : Pygocentrus nattereri


Bentuk Fisik

Red Bellied Piranha

Red Bellied Piranha memiliki kulit berkilau perak dengan sentuhan warna merah yang terletak di bagian bawah tubuhnya hingga mendekati ekor. Bentuk tubuh Red Bellied Piranha berbentuk bulat, serupa dengan ikan Bawal dan Pacu.


Piranha Berperut Merah dapat mencapai ukuran yang besar dengan panjang mencapai 50 cm dan berat hingga sekitar 4 kg. Ikan yang sangat besar sekali, dan itu baru satu ekornya saja. Dapatkah kamu membayangkan betapa menakutkannya jika sekelompok Red Bellied Piranha memiliki ukuran yang begitu besar. Pasti akan sangat mengerikan, bukan?


Penyebaran wilayah


Red Bellied Piranha memiliki distribusi geografis yang luas, tersebar di seluruh benua Amerika Selatan. Piranha perut merah sering terlihat di sungai-sungai utama seperti Sungai Amazon, Sungai Rio Paraguay, Sungai Rio Parana, Sungai Rio Essequibo, dan juga di lingkungan ekosistem yang lebih kecil.


Makanan

Red Bellied Piranha

Piranha Red Bellied biasanya makan serangga, cacing, krustasea, dan ikan sebagai bagian dari diet mereka setiap hari. Seringkali, mereka bahkan menyerang dan memakan seekor Capybara. Ini sungguh serius, mereka bekerja sama dan memanfaatkan keunggulan utama mereka, yaitu gigi. Apakah kamu dapat membayangkan jika sekelompok ikan Piranha menyerang dan memakan Capybara yang lebih besar dari mereka.


Ternyata ada keistimewaan tersendiri pada waktu makan ikan Piranha. Seperti yang disebutkan dalam Wikipedia, Piranha yang berukuran lebih kecil akan mulai berburu pada waktu senja. Kisahnya berbeda dengan ikan Piranha yang matang yang akan mencari makan pada pagi, siang, dan malam hari.


Tidak jarang juga Red Bellied Piranha tidak memangsa apa-apa hingga harus mencari makanan dengan giat. Ketika sedang mencari makanan, mereka akan memakan berbagai jenis makanan seperti siput, sirip ikan, sisa potongan daging, dan juga tanaman. Sangat menyayangkan sekali kelompok Red Bellied Piranha ini.


Habitat & Karakteristik

Red Bellied Piranha

Piranha berperut merah menyukai air dengan suhu berkisar antara 15 hingga 35 derajat Celsius. Seperti yang telah disebut sebelumnya, habitatnya terutama ditemukan di sungai dan sekitarnya. Seringkali bahkan sampai ke pedalaman hutan, jika Hutan Amazon banjir, kita bisa menemui banyak Red Bellied Piranha di sana. Ketika merawat Red Bellied Piranha, lebih baik memberi mereka tanaman untuk berlindung karena mereka sangat menikmati bersembunyi.


Piranha Red Bellied sebenarnya tidak perlu ditakuti saat banjir, karena pada saat itu mereka memiliki banyak makanan yang tersedia, mulai dari serangga, ikan kecil, hingga mamalia kecil. Ketakutan akan datang saat musim panas dan cuaca sangat kering sehingga piranha terkurung di dalam genangan air. Pada saat tersebut, perilaku agresif Red Bellied Piranha yang sebenarnya terlihat. Mereka akan mencari, menggigit, dan merobek segala hal yang dapat mereka makan.


Temperamen

Red Bellied Piranha

Karakteristik Red Bellied Piranha adalah penakut, mengapa dia begitu takut? Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa Red Bellied Piranha berasal dari keluarga Pygocentrus, yang pada dasarnya senang hidup dalam kelompok dan bergerombol daripada hidup sendirian.


Jika kamu hanya memiliki satu atau tiga Red Bellied Piranha sebagai peliharaan, mereka akan merasa cemas dan tegang. Lebih baik untuk memastikan bahwa minimal 10 Red Bellied Piranha dipelihara dalam akuarium. Tidak disarankan untuk menempatkan Red Bellied Piranha atau jenis ikan Piranha mana pun bersama dengan ikan lain dalam akuarium. Sudah nyata akan ancaman kekejaman dari sifat yang ganas dengan gigi yang tajam.


Catatan khusus


Pihak IUCN belum melakukan penilaian terhadap jumlah populasi Red Bellied Piranha.