BENPARK - Kura-kura adalah hewan yang mampu menyesuaikan diri di segala periode dan masa. Pada kesempatan ini, Admin akan mengulas tentang kura-kura yang memiliki karakteristik yang sangat istimewa. Hamilton adalah nama dari seekor kura-kura. Kura-kura Hamilton memiliki pola tempurung yang istimewa, yakni bercorak polkadot emas yang memikat perhatian. Hamilton juga dikenal dengan sebutan Black Pond Turtle.

Kura-Kura Hamilton

Klasifikasi Ilmiah


Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Subfilum : Vertebrata
Kelas : Reptilia
Ordo : Testudines
Famili : Geoemydidae
Genus : Geoclemys
Spesies : G. hamiltonii
Nama Latin/Ilmiah : Geoclemys hamiltonii


Bentuk Fisik

Kura-Kura Hamilton

Kura-kura Hamilton umumnya mempunyai ciri-ciri fisik yang serupa dengan kura-kura Brazil atau jenis kura-kura air lainnya. Hewan yang telah ada selama jutaan tahun ini memiliki cangkang berwarna hitam dengan bintik-bintik kuning yang berkilauan. Itulah yang membuat Hamilton begitu menarik dan menjadi favorit bagi para penggemarnya.


Tetapi jika diamati, tidak hanya tempurungnya, bahkan bagian kepala dan lehernya juga memiliki pola yang serupa dengan tempurung. Walau semakin dewasa, pola ini mulai memudar sedikit demi sedikit.


Penyebaran wilayah


Kura-kura Hamilton sering dijumpai di sungai besar di timur laut India (Assam), selatan Pakistan (Sungai Gangga), dan Bangladesh. Penyebaran Black Pond Turtle ini tidak begitu luas karena terbatas hanya pada beberapa wilayah tertentu.


Makanan

Kura-Kura Hamilton

Kura-kura dengan nama ilmiah Geoclemys hamiltonii ini sangat menikmati memakan ikan, hewan tanpa tulang belakang, dan tumbuhan air yang mengapung di habitat alaminya. Tentu saja, merawatnya sangat sederhana, kamu sering menggunakan pakan alternatif seperti pelet, cacing, atau udang.


Habitat & Karakteristik

Kura-Kura Hamilton

Kura-kura Hamilton sangat rajin berjemur di bawah sinar matahari. Biasanya Hamilton menghabiskan waktu berjemur di atas bebatuan dan kayu-kayu di sepanjang sungai. Ciri-cirinya pada umumnya hampir mirip dengan kura-kura lain.


Temperamen


Kura-kura Hamilton, yang secara ilmiah dikenal sebagai Geoclemys hamiltonii, memiliki sifat yang menyenangkan dan tidak akan menyakiti siapa pun yang merawatnya. Hamilton adalah kura-kura yang sangat ramah dan akan segera akrab dengan orang yang merawatnya.


Jadi tidak mengherankan jika kura-kura ini sudah paham saat kamu ingin memberinya makan seperti pelet atau cacing.


Catatan khusus


Kura-kura Hamilton telah ditetapkan sebagai spesies yang terancam oleh IUCN Red List of Threatened Species, Edisi 2013. Hewan ini termasuk dalam kategori "VU" atau dapat disebut Rentan.