BENPARK - Ternyata di antara banyak jenis ikan predator, terdapat satu jenis ikan predator yang benar-benar mengerikan dengan penampilan yang menyerupai harimau. Ikan ini disebut Goliath Tigerfish. Ikan Goliath Tigerfish sangat digemari oleh para penggemar ikan pemangsa karena bentuknya yang mengesankan dan pastinya menarik secara visual.

Goliath Tigerfish

Ikan ini disebut sebagai ikan pemangsa terbesar di perairan tawar Afrika menurut informasi dari Wikipedia dan termasuk dalam Famili Alestidae.


Klasifikasi Ilmiah


Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Characiformes
Famili : Alestidae
Genus : Hydrocynus
Spesies : H. goliath
Nama Latin/Ilmiah : Hydrocynus goliath


Bentuk Fisik

Goliath Tigerfish

Goliath Tigerfish mempunyai tubuh yang menyerupai ikan bandeng, dengan ekor merah yang menonjol ke atas dan ke bawah di kedua ujungnya. Mulai dari bentuk tubuhnya, ikan ini memiliki ciri khas yang unik.


Ikan ini dikenal dengan sebutan Tigerfish karena kemiripannya dengan harimau karena giginya yang mencolok dan tajam. Gigi dari Goliath Tigerfish berjumlah 32 dan disusun dengan rapi tanpa mengunci di antara bagian atas dan bawahnya.


Seekor Goliath Tigerfish terbesar yang ditemukan memiliki panjang mencapai 1,53 meter dan memiliki beban seberat 70 kilogram. Dengan bentuk tubuhnya yang mirip dengan ikan bandeng, dia dapat bergerak dengan lincah, cepat, tangkas, dan kuat secara bersamaan. Bukanlah hal yang mengherankan bahwa banyak penggemar memancing memilih ikan ini sebagai sasaran utama mereka.


Dari segi visual, ikan ini memiliki penglihatan yang sangat kuat bahkan di dalam air yang bergerak dan keruh sekalipun. Ikan ini memiliki nama ilmiah Hydrocynus goliath. Gigi-giginya yang tajam dan runcing memang secara khusus dirancang untuk menyerang dan merobek mangsa.


Goliath Tigerfish memiliki kantong udara di dalam tubuhnya yang berperan sebagai sound reciever. Perangkat pada tubuhnya akan mengirimkan getaran dari air untuk memungkinkan Goliath Tigerfish dalam mendeteksi keberadaan hewan di sekitarnya, mangsa, dan bahaya yang mungkin datang. Dengan demikian, ikan tersebut dapat segera bertindak, entah itu dengan menghindar atau menyerang mangsanya.


Penyebaran wilayah


Goliath Tigerfish dapat ditemukan di Sungai Kongo (termasuk Sungai Lualaba dan Danau Upemba) serta Danau Tanganyika. Wilayah persebarannya meliputi daerah-daerah tersebut. Sungai Kongo merupakan salah satu dari sungai yang besar di wilayah Afrika.


Makanan

Goliath Tigerfish

Goliath Tigerfish adalah jenis ikan pemangsa yang memiliki kemampuan untuk memangsa berbagai jenis ikan di perairan tempat mereka hidup. Bahkan untuk dimensi yang sedikit lebih besar daripada itu.


Goliath Tigerfish pernah terlihat memangsa sebuah ikan lele besar seberat 27 kilogram dan berhasil membelahnya menjadi dua bagian. Mengenai makanan, Goliath Tigerfish bukan tipe ikan yang rewel apabila kamu ingin merawatnya.


Habitat & Karakteristik

Goliath Tigerfish

Ikan ini hidup di sungai yang memiliki arus yang sangat kuat dan airnya agak keruh. Goliath Tigerfish memiliki kemampuan berenang yang mampu menaklukkan arus sungai yang deras.


Goliath Tigerfish merupakan ikan yang cocok untuk disatukan dengan jenis ikan predator lain di dalam akuarium, asalkan kamu tetap memberikan pakan secara teratur. Goliath Tigerfish dapat menyakiti tankmate-nya jika tidak diberi makan. Hal ini dapat terjadi dengan cepat atau lambat.


Temperamen

Goliath Tigerfish

Ikan dengan nama ilmiah Hydrocynus goliath ini memiliki sifat yang sangat berani dan sering menunjukkan sikap agresif. Sekarang, di habitat alaminya, orang-orang sekitar percaya bahwa Goliath Tigerfish adalah satu-satunya ikan yang tidak merasa takut kepada buaya. Benar-benar mengerikan, monster ini memiliki keberanian yang luar biasa.


Perlu diingat dan diperhatikan bahwa ikan ini memiliki kebiasaan memakan sesama jenisnya. Sebaiknya berpikir dengan matang sebelum memutuskan untuk memelihara beberapa Goliath Tigerfish dalam satu akuarium yang sama. Asalkan pasokan makanan terjamin, maka tidak akan ada masalah yang muncul karena ketersediaan pangan sudah terjamin.


Catatan khusus


Dikutip dari Wikipedia, terdapat beberapa poin yang perlu dicatat. Ikan Harimau Golliath termasuk dalam daftar IUCN Red List Of Threatened Species Versi 2015 karena keberadaannya terancam.