BENPARK - Blackghost Knifefish? Nama itu sudah terdengar sangat menakutkan. Wajib kamu tahu, ikan ini merupakan jenis ikan hias air tawar yang sangat diminati di Indonesia. Seringkali orang baru juga merawat ikan ini.


Meskipun memiliki warna yang gelap, namun bentuknya yang unik dan menggemaskan menjadi daya tariknya. Selain itu, harga yang terjangkau menjadikan banyak orang tertarik untuk membelinya.

Blackghost Knifefish

Ikan Blackghost Knifefish diklasifikasikan sebagai ikan bagian tengah berdasarkan kedalaman posisinya di dalam air. Fungsi ikan tipe tengah sebenarnya adalah untuk membantu membersihkan sisa makanan yang berada di posisi yang sulit dijangkau oleh ikan lainnya, entah itu di bagian bawah atau di bagian atas. Dengan demikian, ikan tipe tengah berperan penting dalam menjaga kebersihan lingkungan di dalam akuarium.


Salah satu manfaat lainnya adalah untuk menambah kehidupan di dalam akuarium agar terlihat lebih hidup (Kenapa bagian atas dan bawahnya ramai namun bagian tengahnya sepi?)


Klasifikasi Ilmiah


Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Gymnotiformes
Famili : Apteronotidae
Genus : Apteronotus
Spesies : A. albifrons
Nama Latin/Ilmiah : Apteronotus albifrons


Bentuk Fisik

Blackghost Knifefish

Bagaimana dengan ciri fisiknya? Kira-kira kamu bisa menebaknya, bukan? Ikan Blackghost Knifefish memiliki warna hitam yang merata di seluruh tubuhnya. Selain dari dua cincin di bagian ekornya dan garis putih di bagian atas hidungnya. Blackghost Knifefish memiliki karakteristik fisik yang mirip dengan spesies Knifefish lainnya, yaitu tidak memiliki sirip punggung dan memiliki sirip dada yang menyatu dengan sirip ekornya.


Apabila diamati, ikan ini menampilkan ciri-ciri seperti pisau hitam dan bagian bawahnya dapat bergerak-gerak seperti hantu. Beberapa orang bahkan menggambarkan Blackghost Knifefish ini mirip dengan bulu ayam.


Ikan Blackghost Knifefish memiliki kemampuan yang mirip dengan cicak yang cukup unik. Apabila ekor ikan Blackghost Knifefish terputus karena diserang oleh ikan lain (atau predator), dalam beberapa waktu ekornya dapat regenerasi dan tumbuh kembali. Kemampuan ini dikenal juga dengan istilah autotomi.


Terdapat hal yang menarik, yaitu bahwa tubuh ikan Blackghost Knifefish dapat menghasilkan sinyal listrik lemah dengan frekuensi medan listrik antara 0,1 hingga 10 kHz. Sinyal elektrik yang kurang kuat tersebut berasal dari bagian ekor ikan dan segera disebarkan oleh reseptor yang tersebar di seluruh permukaan tubuhnya untuk menemukan mangsa, seperti larva serangga.


Penyebaran wilayah


Habitat dari Blackghost Knifefish terdapat di Sungai Amazon yang tersebar di beberapa negara di Amerika Selatan.


Makanan

Blackghost Knifefish

Blackghost Knifefish adalah ikan pemakan daging. Hal yang perlu kamu pahami adalah bahwa ikan ini sangat menyukai untuk memakan cacing darah dan larva serangga. Namun dalam periode 14 hari pertama setelah menetas dari telurnya, ikan ini mengkonsumsi artemia sebagai makanan utamanya.


Ketika merawat ikan ini, sebaiknya berikan makanan berupa pelet yang kaya nutrisi untuk memastikan ikan tetap sehat dan aktif. Agar kamu bisa menambahkan variasi makanan, kamu dapat memberikan cacing darah yang sudah dibekukan. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa asupan gizi ikan tetap tercukupi.


Habitat & Karakteristik

Blackghost Knifefish

Mereka sering ditemukan di lingkungan alami mereka di Sungai Amazon, di mana mereka tinggal di air dengan suhu sekitar 23-28 derajat Celcius dan memiliki tingkat keasaman antara 6,5-7,5. Ikan ini umumnya hidup di daerah yang banyak ditumbuhi oleh tanaman. Apa maksudnya? Pastinya untuk tempat perlindungan atau menyembunyikan diri.


Ciri khas ikan ini adalah sifat pemalu, mereka suka bersembunyi. Ikan Pisau Hantu Hitam menyukai untuk menyembunyikan diri di kegelapan saat siang dan aktif saat malam. Artinya, mereka juga termasuk dalam kategori hewan yang aktif di malam hari.


Ketika merawat ikan ini, penting untuk memberikan dekorasi seperti goa buatan, batu-batu, tanaman air, atau bahkan kayu yang akan menjadi tempat perlindungan yang bagus bagi ikan tersebut.


Temperamen


Jika kamu merawat ikan Blackghost Knifefish, sebaiknya hindari meletakkannya dalam satu tangki/aquarium dengan ikan lain yang sensitif terhadap sinyal listrik lemah seperti Elephantnose Fish. Beberapa sumber menyebutkan bahwa ini disebabkan oleh sinyal listrik yang dihasilkan yang bisa mengganggu sistem radar dan sistem navigasi ikan. Selain itu, dapat menimbulkan pertikaian di antara mereka jika disatukan dalam satu wadah akuarium/tangki.


Dan jangan pilih ikan yang agresif, ya. Dipastikan bahwa Blackghost Knifefish akan kalah jika harus bersaing atau bertarung. Jika kamu mempunyai ikan yang agresif seperti ikan Cichlid, sebaiknya jangan mencampurkannya dengan ikan lain dalam satu akuarium.


Reproduksi

Blackghost Knifefish

Ketika melakukan proses reproduksi, penting bagi kamu untuk mengenali dan membedakan antara ikan jantan dan betina. Ikan Blackghost Knifefish jantan dewasa memiliki dagu dan tubuh yang tegak serta panjang. Tidak seperti betina, mereka cenderung memiliki tubuh yang lebih pendek namun lebih besar.


Untuk memulai, persiapkan satu ekor jantan dan dua ekor betina dalam perbandingan 2:1. Setelah itu masukkan ikan Blackghost Knifefish ke dalam wadah pembiakan yang agak gelap.


Biasanya, bertelur akan terjadi saat malam tiba. Pagi-pagi, sebaiknya kamu memisahkan telur-telur itu agar tidak dimakan oleh induknya.


Ikan Blackghost Knifefish biasanya bisa menghasilkan sebanyak 200 telur dalam satu kali reproduksi dan telur-telur tersebut akan menetas setelah 3 hari. Sesuai yang telah dijelaskan sebelumnya, dalam 2 minggu pertama, anak-anak ikan akan memakan artemia sebagai makanan pertama mereka.


Catatan khusus


Saat ini tidak terdapat informasi spesifik dari IUCN Red List mengenai Blackghost Knifefish.