BENPARK - Merawat kura-kura darat merupakan suatu hal yang bisa dibilang tidak mudah. Merawatnya akan menjadi lebih mudah setelah kamu memahami cara-cara yang tepat. Tetapi akan menjadi challenging jika kamu tidak memiliki pengetahuan tentang bagaimana merawatnya, bukan?


Saat merawat kura-kura darat, pasti kita harus memperhatikan soal pemberian makanan. Apakah kamu setuju? Kita tentu akan menentukan jenis makanan yang akan diberikan kepada kura-kura darat yang kita pelihara.

Makanan yang Paling Populer Untuk Kura-Kura Darat

Kura-kura seharusnya diberi makanan yang berkualitas untuk memastikan kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Semakin kaya nutrisi pakan yang diberikan kepada kura-kura darat, semakin sehat pula kondisi kura-kuranya.


Terdapat beberapa jenis makanan bergizi yang sering diberikan kepada kura-kura darat. Makanan ini populer di kalangan pemilik kura-kura dan sering direkomendasikan. Ada berbagai macam makanan yang tersedia, jika ingin tahu tanpa perlu bertanya-tanya, silakan simak informasinya di bawah ini:


1. Kaktus Opuntia / Kaktus Centong

Makanan yang Paling Populer Untuk Kura-Kura Darat

Kaktus Opuntia, yang dikenal juga dengan sebutan Kaktus Centong, adalah jenis kaktus yang direkomendasikan pertama. Kaktus Centong adalah jenis kaktus yang masuk dalam keluarga Cactaceae atau keluarga kaktus. Nama latin dari kaktus ini adalah Opuntia cochenillifera.


Kaktus Centong merupakan makanan utama, terutama bagi kura-kura darat yang tinggal di lingkungan gurun. Biasanya, mereka makan beragam jenis kaktus yang tumbuh di wilayah itu.


Ketika merawat kura-kura darat, pertimbangkan hal-hal ini saat memberikan makanan Kaktus Centong kepada mereka. Dilakukan upaya maksimal untuk memastikan tidak ada duri yang berbahaya bagi kura-kura tersebut.


Kamu dapat menggunakan gunting atau alat lainnya untuk memangkas kaktus agar tidak memiliki duri berbahaya. Jika hal ini melibatkan kura-kura, kemungkinan besar mereka akan mengalami cedera.


2. Pepaya

Makanan yang Paling Populer Untuk Kura-Kura Darat

Buah pepaya adalah salah satu jenis makanan yang sangat bergizi bagi kura-kura. Selain itu, pepaya juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan kelancaran sistem pencernaan kura-kura darat.


Potong pepaya menjadi empat bagian, lalu letakkan di dekat kura-kura itu dan biarkan mereka makan sendiri.


Sangat penting Tolong berikan hanya sedikit buah pepaya. Jika tidak dipakai habis, buah pepaya yang diberikan akan menjadi busuk. Dan tentu saja kamu bisa menebak apa yang akan terjadi jika kura-kura darat itu memakan pepaya yang sudah tidak layaknya itu, bukan?


3. Wortel

Makanan yang Paling Populer Untuk Kura-Kura Darat

Wortel juga termasuk dalam daftar makanan favorit bagi kura-kura darat. Dengan rahangnya yang sangat kuat, kura-kura darat dapat dengan mudah mengunyah wortel.


Wortel merupakan jenis tumbuhan yang hidup selama dua tahun dengan menyimpan karbohidrat dalam jumlah yang signifikan untuk memungkinkan pembungaan pada tahun kedua. Selain mengandung vitamin A, wortel juga memiliki kandungan vitamin B1, B2, B3, B6, B9, dan C. Selain itu, wortel juga mengandung kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan natrium.


Jenis makanan ini dapat menjadi pilihan yang cocok jika kamu sedang merawat kura-kura darat. Mengapa? Selain kaya gizi, wortel juga dapat dengan mudah ditemukan, bukan? Dapat diperoleh dari pedagang keliling yang umumnya berada di pagi hari atau mungkin di pasar dan supermarket. Harganya juga cukup terjangkau.


4. Kangkung

Makanan yang Paling Populer Untuk Kura-Kura Darat

Kangkung merupakan jenis tumbuhan yang termasuk dalam kategori sayur-sayuran dan dibudidayakan untuk dijadikan bahan makanan. Kangkung banyak ditemukan di Asia dan merupakan salah satu tanaman yang bisa ditemui hampir di mana saja, terutama di daerah berair.


Kangkung dapat dengan mudah ditemukan di pedagang sayur yang sering kita jumpai di pagi hari, atau jika kamu pergi ke pasar pada hari Minggu. Banyak penjual kangkung di sana.


Ketika memberi makan kura-kura darat dengan kangkung, jangan lupa untuk mengiris kangkung menjadi potongan kecil agar mereka dapat memakannya dengan mudah. Kangkung yang diberikan tidak perlu direbus, jadi bisa langsung diberikan saja.


5. Pisang

Makanan yang Paling Populer Untuk Kura-Kura Darat

Selanjutnya yakni buah pisang. Siapa yang tidak mengenali buah yang satu ini. Pasti sudah familiar, atau mungkin saja kamu punya kegemaran untuk menyantap pisang.


Rupanya bukan hanya kamu saja yang bisa mengonsumsi buah pisang. Kura-kura yang tinggal di darat juga dapat mengonsumsi buah pisang sebagai makanan mereka. Bahkan bisa dikatakan sebagai salah satu makanan yang bergizi bagi si kura-kura tersebut.


Ya, pisang memiliki nutrisi yang sangat bagus, loh. Buah ini mengandung lebih banyak energi dibandingkan dengan buah lainnya. Kamu perlu menyadari bahwa pisang mengandung banyak mineral seperti fosfor, zat besi, kalium, magnesium, dan kalsium.


Mengapa pisang menjadi makanan favorit bagi kura-kura darat? Hal ini dikarenakan pisang mudah untuk ditemukan. Selain tersedia dengan mudah, pisang memiliki tekstur yang lembut sehingga sangat mudah bagi kura-kura darat untuk mengonsumsinya.


Jika kamu memberi makan kura-kura darat dengan pisang, pastikan untuk mengupasnya terlebih dahulu sebelum memberikannya kepada mereka. Perlu diingat, karena tekstur yang sangat lembut, mulut kura-kura darat seringkali bisa cemot karena mengonsumsi pisang. Kamu perlu bersiap untuk membersihkannya.


6. Bunga Sepatu

Makanan yang Paling Populer Untuk Kura-Kura Darat

Tanaman yang dikenal sebagai Bunga Sepatu atau Kembang Sepatu merupakan semak anggota suku Malvaceae. Tanaman hias ini berasal dari bagian Asia Timur dan sering ditanam di wilayah tropis serta subtropis sebagai dekorasi.


Bunga Sepatu dapat ditemukan di Indonesia. Jumlah Bunga Sepatu sebenarnya sangat banyak jika kamu bersedia untuk mencarinya. Jika kamu tidak ingin repot mencarinya, kamu bisa langsung membelinya di pasar.


Umumnya Bunga Sepatu sering diberikan kepada kura-kura darat seperti kura-kura Indian Star dan Sulcata. Secara umum, Bunga Sepatu biasanya diletakkan di wadah dan dibiarkan kepada kura-kura untuk memakannya dengan sendirinya.


7. Kailan

Makanan yang Paling Populer Untuk Kura-Kura Darat

Barangkali sebagian dari kalian masih belum familiar dengan hal ini. Kailan ialah sejenis sayur yang tampak hijau, mempunyai daun yang tebal dan berbentuk rata. Kailan, brokoli, dan kembang kol semuanya termasuk dalam spesies yang sama, yaitu Brassica oleracea.


Kailan menjadi populer sebagai makanan kura-kura darat karena ketersediaannya yang mudah dan kemudahan dalam penyimpanannya. Apakah penyimpanan mudah. Ya, sehingga jika tidak habis, masih dapat disimpan di dalam kulkas. Agar dapat bertahan lebih lama dalam beberapa hari ke depan.


Sebelum memberi makan kura-kura darat dengan kailan, penting untuk memotong kailan terlebih dahulu. Sebetulnya memungkinkan untuk tidak memotong kailan, tetapi kura-kura darat akan lebih mudah makan jika kailan dipotong menjadi bagian-bagian kecil.


Nah itulah 5+ makanan yang populer untuk kura-kura darat. Manakah yang menjadi favoritmu? Silakan bagikan pendapatmu di kolom komentar.