BENPARK - Pernahkah kamu mendengar tentang kura kura raksasa Aldabra? Kura kura ini terkesan melegenda karena biasanya hanya terdapat di kebun binatang atau cagar alam, namun ternyata masih ada saja yang menjual kura kura Aldabra sebagai hewan peliharaan.

Kura-Kura Raksasa Aldabra

Kura kura raksasa Aldabra memang merupakan kura kura yang berumur sangat panjang. Bayangkan, penyu ini bisa hidup hingga 200 tahun. Penasaran dengan penyu ini? ayok, ikuti ulasan berikut ini sampai akhir ya:


Klasifikasi Ilmiah


Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Reptilia
Ordo : Testudines
Subordo : Cryptodira
Superfamili : Testudinoidea
Famili : Testudinidae
Genus : Aldabrachelys
Spesies : A. gigantea
Nama Latin/Ilmiah : Aldabrachelys gigantea


Bentuk Fisik

Kura-Kura Raksasa Aldabra

Kura kura raksasa Aldabra memiliki cangkang berwarna coklat tua dengan kubah yang sedikit lebih tinggi dibandingkan jenis kura kura lainnya.


Kura kura raksasa Aldabra juga mempunyai kaki yang besar dan kuat, kenapa? Pasalnya, kakinya yang kuat dan lebar tersebut membantu menopang tubuhnya yang sangat berat.


Dengan tinggi badan mencapai 300 kg, kaki yang besar dan kuat mutlak diperlukan. Jika tidak, kamu pasti akan terjatuh dan tidak bisa berjalan.


Selain itu, Kura-kura Raksasa Aldabra mempunyai leher yang sangat panjang. Terbukti penyu ini mampu mencapai dahan dan ranting lebih dari satu meter di atas permukaan tanah.


Penyebaran wilayah


Sebaran kura kura raksasa Aldabra di 4 lokasi berbeda. Dan diantara keempat tempat tersebut, pusat populasi kura kura raksasa Aldabra terletak di atol Aldabra.


Pulau ini terkenal karena kurangnya pengaruh manusia. Kenyataannya, hanya ada sekitar 12 orang yang benar-benar perlu melakukan penelitian.


Populasi juga terdapat di Pulau Changuu, Taman Konservasi Mauritius, dan Taman Konservasi Rodrigues. Tempat tempat ini tidak sebesar populasi Atol Aldabra. Namun setidaknya kamu harus mengapresiasi upaya melindungi kura kura raksasa Aldabra.


Makanan

Kura-Kura Raksasa Aldabra

Makanan kura kura raksasa Aldabra meliputi daun, rumput, dan batang tanaman berkayu. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa kura kura raksasa Aldabra merupakan hewan herbivora (pemakan tumbuhan).


Namun saat sedang terburu-buru, penyu ini juga sesekali memakan invertebrata kecil dan bangkai. Beberapa peneliti bahkan menemukan kura kura raksasa Aldabra memakan bangkai penyu mati lainnya.


Di penangkaran atau mungkin di peternakan, penyu yang bernama latin Aldabrachelys gigantea ini sering diberi makan buah buahan seperti pisang dan apel. Selain itu, suplemen nutrisi sering kali diimbangi dengan sayuran granular yang dikompres.


Kura kura raksasa Aldabra memiliki kemampuan unik dalam mengatasi dehidrasi akibat kekurangan air, mirip dengan jerapah. Artinya, mereka mengatasi kekurangan cairan dalam tubuh dengan memperoleh kandungan air pada makanan.


Habitat & Karakteristik

Kura-Kura Raksasa Aldabra

Kura-kura raksasa Aldabra ternyata bisa hidup di berbagai habitat seperti hutan, dataran, padang rumput, hutan bakau, bahkan pantai. Namun secara umum penyu ini lebih banyak ditemukan di padang rumput, kenapa? Karena di sana banyak sekali makanan.


Ciri-ciri kura kura raksasa Aldabra sama dengan kura kura lainnya, mulai dari waktu beraktivitas, gaya berjalan, hingga waktu istirahat.


Rata rata hanya aktif selama 4 jam, dari pagi hingga malam. Setelah 4 jam, penyu ini akan langsung beristirahat untuk menghemat tenaga.


Temperamen

Kura-Kura Raksasa Aldabra

Temperamen Kura-kura Raksasa Aldabra sangat aman bagi siapapun yang ingin memeliharanya, termasuk anak-anak.


Kura kura Raksasa Aldabra sangat tenang dan jarang sekali Kura-kura Aldabra begitu kejam terhadap manusia. Jadi jangan khawatir jika ingin bermain dengan penyu ini.


Catatan khusus


Menurut IUCN Red List, kura kura raksasa Aldabra diklasifikasikan sebagai “Vulnurable”. Ini artinya, populasi kura kura raksasa Aldabra di alam liar masih rentan.


Menurut Wikipedia dan IUCN Red List, jika suatu spesies masuk dalam kategori rentan, maka spesies tersebut dianggap berisiko tinggi di alam liar. Artinya kura kura raksasa Aldabra kini dalam bahaya.