BENPARK - Banyak orang sangat menantikan liburan. Hal tersebut menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Liburan adalah saat di mana seseorang bisa pergi ke mana saja yang diinginkannya, termasuk bagi para pecinta ikan hias.


Namun, permasalahannya adalah apakah pecinta ikan itu benar-benar merawat ikan mereka. Jika mereka pergi, apa yang akan ikan itu makan? Pernahkah kamu memikirkan hal semacam itu?


Walaupun kita sebagai manusia pasti ingin berlibur dengan melakukan perjalanan ke suatu destinasi yang mungkin memerlukan waktu sekitar 1-3 minggu. Banyak pecinta ikan masih merasa cemas atau bahkan menemukan ikan-ikan mereka sudah mati saat pergi liburan.

Liburan Bagi Hobiis Ikan

Daripada memutuskan untuk tidak berpergian saat libur, sebaiknya pastikan kamu tidak terjebak dalam rutinitas sehingga tidak bisa menikmati waktu libur kamu karena beban pekerjaan yang menumpuk.


BENPARK akan berbagi beberapa tips cerdas untuk mempersiapkan liburan bagi para pecinta ikan. Berikut adalah 5+ tips yang dapat membantu kamu merencanakan liburan kamu dengan lebih baik. Ingin tahu lebih? Ayo simak ulasan berikut ini sampai akhir ya:


1. Pastikan makanan ikan terpenuhi selama Kamu liburan


Pertama-tama, pastikan untuk memberikan makanan ikan yang cukup selama kamu sedang berlibur. Pastinya ini adalah panduan yang sangat penting dan vital. Saat kamu berlibur, pasti si ikan memerlukan makan, bukan?


Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengestimasi jumlah persediaan makanan ikan yang kamu punya. Apakah persediaan makanan ikan cukup atau tidak. Jika tidak, segera beli di toko terdekat. Kamu juga dapat membelinya secara online.


Merawat ikan predator memerlukan perhatian khusus terhadap pilihan makanan yang diberikan kepada mereka. Menyediakan makanan yang tepat sangatlah penting untuk kesehatan ikan. Terlebih lagi jika kamu menyatukan ikan pemangsa yang berbeda dalam satu akuarium. Jika pasokan makanan habis, maka ada tankmate yang akan menjadi korban kekurangan makanan.


Sebenarnya, ikan predator dapat bertahan tanpa makan selama 3 hari, tetapi jika kamu pergi liburan selama lebih dari 3 hari. Apa yang akan terjadi? Pastinya ikan predator akan lapar dan mulai mencari makanan.


Ayo lakukan perhitungan untuk menentukan jumlah ikan yang umumnya dikonsumsi oleh ikan predator setiap hari. Setelah itu, lakukan perhitungan total durasi liburan kamu. Bila persediaannya masih tidak mencukupi, segera lakukan pembelian.


2. Pastikan air akuarium/kolam bersih


Kebersihan air di dalam akuarium atau kolam sangat penting untuk keselamatan ikan. Beberapa ikan sebenarnya mampu bertahan di lingkungan air yang kotor. Seperti contohnya ikan aligator, gabus dan lele.


Namun, bayangkan jika ikan seperti koki, koi, atau jenis ikan hias lainnya membutuhkan air yang bersih. Tentu saja, tips kedua ini sangat penting.


Jika airnya kotor, segera kuras air tersebut hingga menjadi bersih. Lebih baik jika kita melakukannya dengan hati-hati dan perlahan. Perubahan air yang sangat ekstrem dan sangat berbeda akan menyebabkan si ikan terkejut. Kamu dapat mengeluarkan sekitar 20% dari keseluruhan volume air dalam akuarium.


3. Cek kelancaran mesin filter


Cara ketiga yang mudah dilakukan adalah dengan memeriksa secara teratur kelancaran mesin filter. Jika terjadi kerusakan pada mesin filter, segera lakukan perbaikan atau pertimbangkan untuk membeli yang baru.


Jika kamu tidak menjaga mesin filter agar tetap utuh ketika kamu sedang berlibur, maka konsekuensinya bisa sangat berbahaya. Air yang kotor dan keruh merupakan ancaman serius bagi kehidupan ikan. Jika tidak diawasi, ikan memiliki potensi untuk mengalami kematian atau terkena penyakit dan infeksi jamur.


4. Membersihkan media filtrasi


Salah satu tips yang ke-4 juga sangat penting. Langkah yang keempat adalah melakukan pembersihan pada media filtrasi ketika sudah kotor.


Bukan hanya mesin penyaring yang harus beroperasi dengan efisien dan bersih, tetapi media penyaring juga harus dalam kondisi yang bersih. Dengan adanya proses di lokasi tersebut, air yang awalnya kotor akan diolah menjadi air yang jernih dan layak huni bagi ikan.


Silakan perhatikan kemudian periksa bagian media penyaringan, apabila ditemukan kotoran dan debris kecil segera lakukan pembersihan. Jika penyaring kapas yang biasa digunakan untuk menyaring secara mekanik juga terkontaminasi, sebaiknya diganti dengan yang baru.


Kain penyaring yang kotor sebenarnya dapat didaur ulang dengan cara direndam dalam air. Namun untuk memastikan air yang lebih baik selama liburan, disarankan untuk menukarnya dengan yang segar.


5. Pasang aerator di dalam akuarium


Apa yang dimaksud dengan aerator? Mungkin sebagian dari kita belum terlalu familiar dengan istilah "aerator". Sebelum melaksanakan tips kelima, penting untuk mengetahui pengertian aerator terlebih dahulu.


Aerator merupakan sebuah alat yang digunakan untuk membantu mengoksidasi udara yang terlarut ke dalam air akuarium atau kolam. Cara kerja dari alat ini sebenarnya cukup mudah, alat ini menciptakan banyak area permukaan air agar dapat berinteraksi dengan udara sebanyak mungkin.


Aerator secara sederhana dapat dijelaskan sebagai alat yang menghasilkan gelembung udara. Sering kali terdengar suara "Blub..blub..blub.. " Mungkin juga "Glug. glugglug"


Maka apa tujuan dari pemberian aerator. Secara umum, terdapat dua tujuan yang utama, yang pertama adalah untuk meningkatkan tingkat oksigen dalam air. Yang kedua adalah menghilangkan zat atau gas yang menimbulkan aroma tidak sedap serta berpotensi berbahaya bagi ikan.


Kamu memiliki opsi untuk memasang aerator di dalam akuarium ikan kamu. Jadi tidak perlu lagi khawatir jika ikan kesayangan saling bertarung untuk mendapatkan oksigen, karena semua sudah tercukupi dengan adanya alat aerasi.


6. Merencanakan pemberian makan ketika liburan


Mungkin kamu akan merasa prihatin terhadap nasib ikan yang kelaparan karena kamu pergi liburan. Ternyata, ada solusi untuk masalah kecil seperti ini.


Kamu dapat menggunakan pemberi makan ikan otomatis jika ikan yang kamu pelihara adalah jenis ikan yang tidak memangsa. Sekarang banyak yang menjual perangkat semacam itu, pasti perangkat itu sangat berguna.


Namun, jika ikan peliharaan kamu termasuk dalam jenis predator, kamu perlu mempersiapkan pakan ikan yang mencukupi (diperkirakan cukup untuk memberi makan selama kamu sedang berlibur). Kamu dapat segera menambahkan semua makanan ikan tersebut ke dalam akuarium secara bersamaan.


Ketika kamu berlibur, ikan predator akan berburu sendirian di dalam akuarium. Sehingga kamu tidak lagi merasa cemas tentang nasib ikan pemangsa yang kelaparan.


Atau jika ada orang lain yang berada di rumah, kamu dapat meminta bantuan atau mengajukan delegasi kepada mereka. Mohon berbicaralah dengan orang tersebut agar memberikan makan kepada ikan ketika kamu sedang berlibur.


7. Pastikan semua aman


Langkah terakhir adalah memeriksa keamanan secara keseluruhan. Pentingnya keselamatan di sini adalah perlindungan ikan.


Ikan tipe pelompat handal tidak boleh dibiarkan dalam akuarium terbuka, karena mereka cenderung untuk melompat keluar. Kamu harus menyiapkan penutup akuarium untuk mencegah ikan melompat keluar dari akuarium.


Setelah itu, pastikan juga keadaan kabel pada mesin filter, mungkin kabel tersebut mengalami kerusakan dan konsleting. Apabila terjadi konslet, konsekuensinya adalah air dapat menimbulkan kejutan listrik. Hal tersebut sangat berisiko bagi ikan.


Sesuatu yang sangat penting juga adalah keseimbangan air di dalam akuarium. Apa yang dimaksud dengan air di dalam akuarium? Pastikan sistem air tidak mengalami kebocoran atau tumpah lagi.


Setelah kembali dari liburan, pasti akan sangat merepotkan jika air di dalam akuarium tumpah atau bocor. Kemungkinan besar ikan peliharaan kamu akan kehabisan air dan mati. Jika hal itu sudah terjadi, pasti akan menimbulkan penyesalan, bukan?


Nah itulah 5+ strategi pintar dalam menyiapkan liburan bagi penggemar ikan hias. Semoga saran-saran ini berguna dan dapat mendukung kamu yang ingin melakukan perjalanan, entah itu ke luar kota atau bahkan ke luar negeri. Dengan tips ini, kamu tidak perlu lagi cemas jika kamu ingin berlibur dan harus pergi tanpa merasa khawatirkan tentang ikan kesayangan kamu, semoga bermanfaat!